Jakarta (ANTARA) - Planetarium dan Observatorium Jakarta menyelenggarakan acara 'Pekan Astronomi Jakarta 2023' dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) di gedung teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat pada 7-13 Agustus 2023.
 
"Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta melalui badan layanan umum pusat Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki khususnya yang terkait dengan planetarium dan observatorium saat ini akan mengadakan kegiatan pekan astronomi Jakarta," kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana dalam Instagram @disbuddki pada Rabu.
 
Kegiatan Pekan Astronomi Jakarta ini bertema "Kisah Bintang di Tanah Air: Mengungkap Kearifan Astronomi dalam Budaya Nusantara".
 
Kegiatan ini akan diisi dengan beragam kegiatan menarik seperti pameran astronomi budaya, pertunjukan planetarium mini, observasi matahari, seminar astronomi hingga workshop astro kids.
 
"Saya mengundang kepada seluruh masyarakat untuk ikut memeriahkan Pekan Astronomi Jakarta ini dengan datang ke Gedung Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki yang ada di Cikini, Jakarta Pusat," ucap Iwan.
 
Iwan berharap, semoga dengan terlaksananya kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk dunia pendidikan dan juga kebudayaan khususnya terkait astronomi.
 
Kegiatan ini juga bertujuan mengobati kerinduan masyarakat akan kehadiran Planetarium dan Observatorium di Jakarta.

Penanggung jawab acara Mila Izzatul menyebut acara ini terbuka untuk umum. Acara berlangsung pukul 09.00-15.00 WIB di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.
 
"Yang khusus pelajar hanya planetarium mininya," kata Mila.
 
Pertunjukan Planetarium Mini
 
Pengunjung akan masuk ke semacam kemah yang diisi udara. Bentuknya seperti setengah bola sebagai planetariumnya dan kotak sebagai pintu masuk. Karena ukurannya kecil, penyelenggara mengkhususkan arena ini untuk siswa SD hingga SMA. Mila menyebut Planetarium Mini milik Observatorium Bosscha.
 
Peserta wajib memesan e-ticket gratis terlebih dahulu dengan kuota 15 orang per sesi. Sesi yang disediakan ada tiga yaitu pukul 10.00-10.30 WIB, pukul 13.30-14.00 WIB dan pukul 14.30-15.00 WIB. Lokasi di Lobi Teater Kecil, Gedung Teater Jakarta.
 
Observasi Matahari
 
Acara ini berlangsung jika cuaca cerah, karena dilakukan di luar ruangan tepatnya Plaza Teater Kecil. Nantinya pengunjung bisa memilih antara dua sesi, yaitu pukul 09.30-11.30 WIB dan 13.30-15.00 WIB. Registrasi dilakukan di lokasi tanpa batasan usia dan gratis.
 
Seminar
 
Seminar 'Planetarium, Budaya dan Alam Semesta' ini diselenggarakan pada Sabtu (12/8) pukul 09.00-13.00 WIB di Teater Kecil TIM. Pembicara yang hadir antara lain Restu Gunawan, Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendikbudristek, Lisa Febriyanti, peneliti astronomi tradisional dan Karlina Supeli, anggota Akademi Jakarta. Peserta acara ini terbatas 150 orang tanpa batasan usia.
 
Workshop Astrokids
 
Acara ini diselenggarakan pada Minggu (13/8) pukul 09.00-13.00 WIB. Acara ini ditujukan untuk anak usia 4 hingga 10 tahun secara gratis. Penyelenggara membuka kuota sebanyak 25 orang dengan diawasi orang tua atau pendamping lainnya. Peserta wajib membawa gunting, lem dan alat mewarnai.
 
Adapun pendaftaran peserta Pertunjukkan Planetarium Mini, Seminar, dan Workshop Astrokids dapat diakses di https://linktr.ee/planetariumjkt. Pendaftaran dibuka mulai 5 Agustus 2023 pukul 19.00 WIB. Sementara untuk Pameran dan Observasi Matahari bisa langsung datang ke lokasi.

Baca juga: Kadisbud DKI: Jakpro janji bereskan kendala Planetarium

Baca juga: Astronom Planetarium Jakarta jelaskan istilah "strawberry supermoon"

Baca juga: Karena bangunan tinggi, Planetarium pindahkan sarana edukasi ke Ancol

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023