Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa hukum terjadi di Indonesia, Rabu (9/8), mulai dari Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan putusan Mahkamah Agung terhadap permohonan kasasi Ferdy Sambo sudah final hingga TNI Angkatan Darat akan menambah prajurit secara bertahap untuk pengamanan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan ANTARA.

1. Mahfud MD sebut putusan MA terkait kasasi Sambo sudah final

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut putusan Mahkamah Agung (MA) terhadap permohonan kasasi terdakwa pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat, Ferdy Sambo sudah final.

"Menurut saya seluruh pertimbangan sudah lengkap dan kasasi itu sudah final," kata Mahfud MD di Kampus Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Sleman, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.


2. Muhammad Lutfi penuhi panggilan Kejagung

Mantan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Rabu, memenuhi panggilan penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk diperiksa sebagai saksi dalam penyidikan perkara korupsi persetujuan ekspor minyak sawit mentah dan produk turunannya.

Berdasarkan pantauan ANTARA di Gedung Bundar Jampidsus Kejaksaan Agung, Rabu, Lutfi tiba di Kejaksaan Agung sekitar pukul 08.57 WIB, dengan mengenakan baju batik lengan panjang berwarna biru. Dia tiba menggunakan mobil minibus Mitsubishi berwarna hitam dan didampingi seorang rekan.

Selengkapnya baca di sini.


3. KPK resmi ajukan kasasi atas putusan bebas Gazalba Saleh

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajukan kasasi atas putusan Pengadilan Tipikor Bandung yang memvonis bebas Hakim Agung nonaktif Gazalba Saleh dalam kasus pidana suap Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Intidana.

"Hari ini, Jaksa KPK Arif Rahman Irsady telah selesai menyatakan kasasi atas putusan bebas terdakwa Gazalba Saleh. Pernyataan kasasi diajukan dan terdaftar melalui panitera pada PN Bandung Kelas 1A Khusus," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.


4. Hakim DS dipecat karena terbukti terima suap Rp300 juta

Sidang Majelis Kehormatan Hakim yang digelar oleh Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial menjatuhkan sanksi pemberhentian dengan tidak hormat kepada Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat Dede Suryaman karena terbukti menerima suap sejumlah Rp300 juta.

"Menjatuhkan sanksi kepada hakim terlapor (DS) dengan sanksi berat berupa pemberhentian tidak dengan hormat," kata Hakim Agung Mahkamah Agung (MA) Desnayeti selaku Ketua Majelis Sidang MKH di Gedung MA, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.


5. TNI AD tambah prajurit pengamanan pembangunan Kota Nusantara

TNI Angkatan Darat akan menambah prajurit secara bertahap untuk pengamanan pembangunan Kota Nusantara, sebagai ibu kota negara baru Indonesia pada sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, terutama di Kecamatan Sepaku.

"Kami akan melibatkan prajurit untuk pengaman pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) secara bertahap," kata Panglima Kodam (Pangdam) VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo di Penajam, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.
 

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023