Tadi pagi saat akan mengangkat jaring, saya terkejut karena ada ikan yang sulit terangkat. Setelah dicek, ternyata saya menangkap ikan yang sangat besar,"
Gunung Kidul (ANTARA News) - Nelayan Pantai Baron di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta menangkap ikan pari ukuran sangat besar atau "raksasa", dengan lebar enam meter, dan berat diperkirakan mencapai 800 kilogram.

Penangkapan ikan pari tersebut menjadi tontonan wisatawan yang sedang mengunjungi Pantai Baron, Sabtu.

Salah seorang nelayan Pantai Baron yang menangkap ikan pari itu, Sukamto, mengatakan pada Jumat (5/4) malam, dirinya bersama rekannya menebar jaring di laut.

"Tadi pagi saat akan mengangkat jaring, saya terkejut karena ada ikan yang sulit terangkat. Setelah dicek, ternyata saya menangkap ikan yang sangat besar," katanya.

Ia mengatakan dirinya dan beberapa orang temannya berusaha mengangkat ikan tersebut ke kapal, namun ukuran kapal tidak cukup, karena kapal jenis jukung lebarnya hanya dua meter. "Ukuran kapal tidak cukup untuk membawa ikan itu, karena lebar ikan dua kali lipat lebar kapal kami," katanya.

Menurut dia, ikan pari tersebut berhasil dipinggirkan atau dibawa ke daratan, dengan menggunakan dua kapal jukung milik nelayan lain, sekitar pukul 14.00 WIB.

"Untuk mengangkut ikan itu terpaksa memanggil nelayan lain sekaligus meminjam kapalnya," katanya.

Sukamto mengatakan permukaan air laut yang sedang surut menyebabkan ikan tersebut "terjebak".

Sehingga, kata dia, dibutuhkan bantuan satu mobil jenis jeep untuk menariknya. "Sebab, ikan ini tidak bisa dibawa ke daratan, karena air laut sedang surut," katanya.

Sesampainya di daratan atau di pantai, ikan itu menjadi tontonan warga, dan wisatawan yang sedang berada di Pantai Baron.

"Saya baru pertama kali melihat ikan pari sebesar ini," kata wisatawan asal Slawi (Jawa Tengah), Didit. Rencananya ikan tersebut akan dibagi-bagi untuk para nelayan Pantai Baron. (KR-STR/M008)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013