Beijing (ANTARA) - Kantor Pusat Pengendalian Banjir dan Bantuan Kekeringan Negara China mengaktifkan tanggap darurat level IV untuk Topan Khanun di provinsi Liaoning dan Shandong pada Rabu (9/8).

Khanun, topan keenam tahun ini, diperkirakan akan mendarat di pesisir selatan Korea Selatan pada Kamis (10/8) pagi waktu setempat.

Hujan lebat akan mengguyur sejumlah wilayah di China timur laut mulai Kamis hingga Minggu (13/8) akibat topan itu. Beberapa daerah kemungkinan akan mengalami hujan badai, sementara angin kencang diperkirakan akan melanda Liaoning dan wilayah pesisir Semenanjung Shandong.

Kantor pusat itu mewajibkan otoritas setempat untuk mengambil beragam langkah termasuk pemulangan kapal dan nelayan ke pelabuhan untuk berlindung, pengendalian banjir untuk sejumlah reservoir, dan evakuasi tepat waktu bagi orang-orang di daerah-daerah yang berisiko.

China telah mempertahankan tanggap darurat level III untuk banjir di Heilongjiang dan Jilin, dan tim kerja yang dikerahkan pada tahap awal akan terus membantu langkah-langkah penanggulangan banjir dan topan setempat di kedua provinsi tersebut. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023