Memang terkendala faktor alam yakni hujan. Tapi acara Braga Weekend Market ini harus tetap berjalan walaupun hujan, karena acara ini sudah masuk agenda di Disbudpar Kota Bandung,"
Bandung (ANTARA News) - Pagelaran Braga Weekend Market yakni acara yang memadukan acara Car Free Night Car Free Day, Sabtu malam, tetap dilaksanakan meskipun sejak siang hari Kota Bandung diguyur hujan.

"Memang terkendala faktor alam yakni hujan. Tapi acara Braga Weekend Market ini harus tetap berjalan walaupun hujan, karena acara ini sudah masuk agenda di Disbudpar Kota Bandung," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Herry Mochamad Jauhari.

Ia menuturkan, seharusnya Braga Weekend Market yang diadakan oleh Galur Braga ini dibuka oleh Wali Kota Bandung Dada Rosada, pada Sabtu malam pukul 18.00 WIB.

"Pokoknya harus kita buka, rencananya sekitar jam 9 malam ini akan resmi dibuka. Kita paksakan kepada panitianya agar segera disiapkan untuk pembukaan," ujar Herry.

Pada acara tersebut, kata dia, akan ditampilkan puluhan stand mulai dari makanan hingga souvenir khas Bandung dan kesenian dari Sunda seperti rampak kendang dan tari Jaipongan .

"Jadi agendanya itu adalah tentang bernostalgia. Selama ini kan Jalan Braga dikenal sebagai item Kota Bandung yakni tempat berkumpulnya warga khususnya anak muda. Jadi nanti itu pada acara ini warga bisa menikmati Jalan Braga sambil menikmati kuliner, souvenir dan kesenian khas sunda," katanya.

Berbeda saat pelaksanaan uji coba acara tersebut pada Sabtu (30/3) malam lalu yang dipenuhi oleh masyarakat, namun pada acara pembukaannya antusias warga tidak tampak dikarenakan hujan yang mengguyur Kota Bandung.

Selain itu, karena hujan panggung utama untuk acara pembukaan Braga Weekend Market yang didirikan di Jalan Braga Andesit belum selesai didirikan.

Sementara itu, Penyelenggara Braga Weekend Market yang juga Ketua Galur Braga Diro Aritongan menuturkan pembukaan acara tersebut tidak akan ada acara khusus.

"Format pembukaannya akan biasa saja. Rencananya ada prosesi akan di tata dengan baik dan akan dibuka oleh Wali Kota Bandung Dada Rosada. Jadi pembukaannya akan sesederhana mungkin," kata dia.

Kendala lainnya, lanjut Diro, adalah terkait perizinan dari pihak kepolisian untuk acara Braga Weekend Market.

"Lalu ada kendala lain itu soal perizinan dari Kapolres sehingga nyaris batal, tapi alhamdulilah tadi kapolres memberikan toleransi karena melihat kesiapan teman-teman yang sudah menyiapkan acara ini sejak subuh," katanya. (ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013