Petani tidak bisa sembarang mengambil air dari aliran kali terdekat seperti dari Kanal Banjir Timur karena terbentur persoalan regulasi
Jakarta (ANTARA) - Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Maju di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memaksimalkan pengairan  lahan sawah garapan mereka  seluas 300 hektare untuk mengantisipasi kekeringan akibat fenomena El Nino.

"Jakarta memiliki lahan pertanian yang luas di Jakarta Utara mencapai 300 hektare. Harapannya petani jangan dibiarkan sendiri menghadapi kekeringan," kata Ketua Gapoktan Maju Sirojuddin Abbas kepada wartawan di Jakarta Utara, Kamis.

Saat ini dampak dari El Nino membuat sejumlah lahan persawahan di Rorotan mengalami retak-retak akibat kekurangan  air.

"Saya sendiri baru tanam umur sembilan hari, kondisinya kekurangan air parah," kata Abbas.

Dia berharap pemerintah mau bekerja sama dengan kelompok tani setempat untuk menormalkan kembali saluran-saluran air di sekitar Rorotan sehingga bisa langsung dimanfaatkan untuk pengairan sawah.

Pasalnya di kawasan itu, satu hektare lahan garapan bisa menghasilkan sekitar enam ton padi untuk ketahanan pangan.

Petani tidak bisa sembarang mengambil air dari aliran kali terdekat seperti dari Kanal Banjir Timur karena terbentur persoalan regulasi.

Maka di sana perlu peran pemerintah dalam menyiapkan petugas terampil dan memiliki kehati-hatian ekstra agar saluran yang dibuat untuk pengairan sawah tidak menimbulkan banjir ketika musim penghujan tiba.

Terakhir, keinginan dari semua petani di Rorotan adalah kawasan tersebut bisa dikhususkan sebagai sentra ketahanan pangan daerah. Meski lebih banyak petani penggarap, Gapoktan Maju tidak ingin pengembangan kawasan hunian di Rorotan berdampak pada alih fungsi lahan.

"Lahan di sini sangat subur, jadi kalau bisa untuk pihak Pemda terkait, khususnya di Utara ini, mau mempertahankan kondisi lahan karena banyak manfaatnya. Pertama buat paru-paru kota, dan kedua mungkin juga bisa menanggulangi banjir musiman," kata Abbas.
Baca juga: Petani Rorotan Jakarta Utara apresiasi ide ATM Beras Cilincing
Baca juga: Legislator minta Rusunawa Rorotan dilengkapi masjid yang layak
Baca juga: DLH DKI akan bangun RDF plant di Rorotan tahun depan

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023