Jakarta (ANTARA) - Pemberitaan deteksi dini penyakit kardiovaskular menjadi salah satu pemberitaan terpopuler dalam kanal humaniora Antaranews.com sepanjang Kamis (5/10).
 
Diskusi penyakit yang menyerang jantung itu diperluas hingga tingkat rukun tetangga dan rukun warga.

Selain berita itu, informasi tentang lahan gambut seluas 655 hektare yang terjadi di Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah juga menarik untuk dibaca.

 
Berikut rangkuman pemberitaan terpopuler selengkapnya:
 
Jabar gandeng Kementerian PUPR bangun bendungan atasi kekeringan

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggandeng Kementerian PUPR RI untuk pembangunan proyek bendungan sebagai upaya mengatasi kekeringan sekaligus pengendali banjir di daerah itu.

Pemerintah setempat mencatat saat ini Kabupaten Bekasi sedang mengalami kekeringan sudah hampir dua bulan. Distribusi air bersih dilakukan hingga ke desa-desa mencapai 5,59 juta liter untuk membantu warga yang terdampak kekeringan.

Baca selengkapnya di sini.
 
Kemenkes perluas deteksi dini kardiovaskular gratis hingga RT/RW
 
Kementerian Kesehatan memperluas cakupan layanan deteksi dini penyakit kardiovaskular secara gratis hingga ke level RT/RW guna menekan angka kasus kematian akibat gangguan jantung.

Kegiatan perluasan layanan deteksi dini juga melibatkan kader posyandu melalui kunjungan rumah penduduk dengan sasaran 273,5 juta rumah tangga.

Baca selengkapnya di sini.
 
BPBD: 655 hektare lahan gambut terbakar di Palangka Raya
 
Pelaksana Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Alman Pakpahan mengatakan sejak awal Januari sampai 4 Oktober 2023 luas lahan gambut di daerah setempat yang terbakar mencapai 655,08 hektare.

Berdasarkan aplikasi ISPUnet yang dikeluarkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pukul 15.00 WIB, kualitas udara di Kota Palangka Raya masuk pada kategori berbahaya atau kategori hitam.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
Kemenkes sebut tidak ada penambahan signifikan terkait kasus ISPA
 
Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Kementerian Kesehatan menyebutkan tidak ada penambahan signifikan terkait dengan kasus infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) selama musim kemarau tahun ini yang terdampak El Nino.
 
Berdasarkan data Kemenkes, jumlah kasus ISPA pada Mei 2023 mencapai 1.515.070 kasus, Juni turun menjadi 1.305.185 kasus, Juli turun lagi menjadi 1.290.171 kasus, sedangkan Agustus terjadi kenaikan menjadi 1.387.650 kasus.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
Jabar tambah kuota buang sampah Bandung Raya ke TPA Sarimukti
 
Pemerintah Provinsi Jawa Barat menambah kuota membuang sampah terpilah bagi empat wilayah kabupaten dan kota di Bandung Raya ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023