Beijing (ANTARA) - Otoritas di China meningkatkan pemeriksaan keamanan untuk memastikan keselamatan jalan raya selama puncak liburan musim panas pascainsiden lalu lintas fatal di Provinsi Gansu, China barat laut.

Kementerian Keamanan Publik dan Kementerian Transportasi bersama-sama merilis sebuah surat edaran baru-baru ini, yang membutuhkan langkah efektif untuk memperkuat manajemen keselamatan jalan demi mencegah kecelakaan lalu lintas fatal dan menjaga keselamatan publik.

Kedua kementerian tersebut memerintahkan pemeriksaan intensif pada kendaraan angkutan penumpang dan kargo utama, menjanjikan hukuman berat terhadap pelanggaran lalu lintas yang serius seperti mengemudi dengan kecepatan di luar batas, kelebihan beban, mengemudi dalam keadaan lelah, dan melakukan modifikasi ilegal.

Kepolisian daerah dan departemen transportasi diminta untuk melakukan pemeriksaan terhadap perusahaan angkutan penumpang dan kargo, menghukum dengan tegas mereka yang melakukan malapraktik sesuai dengan hukum dan peraturan, serta memastikan mereka mengatasi masalah secara tepat waktu.

Delapan orang tewas dan enam terluka parah setelah terjadi tabrakan beruntun di sebuah jalan tol di Kota Zhangye, Provinsi Gansu pada 17 Juli lalu.

Truk yang menyebabkan kecelakaan tersebut mengangkut muatan secara berlebihan. Rem truk gagal bekerja saat melintasi jalan menurun yang panjang dan bertabrakan dengan lima mobil dan dua truk yang mengantre untuk melintas. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023