Sejak April operasi teknologi modifikasi cuaca tahun ini dilakukan secara simultan di sejumlah provinsi rawan bencana karhutla, baik untuk tujuan pembasahan lahan gambut maupun memadamkan karhutla
Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyatakan operasi teknologi modifikasi cuaca selama beberapa tahun terakhir telah menjadi solusi permanen dalam upaya pengendalian bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia.
 
Koordinator Laboratorium Pengelolaan Teknologi Modifikasi Cuaca BRIN Budi Harsoyo dalam keterangan di Jakarta, Kamis, mengatakan fenomena El Nino yang terjadi tahun ini berpotensi mengakibatkan bencana karhutla yang lebih besar dibandingkan sebelumnya.
 
"Sejak April operasi teknologi modifikasi cuaca tahun ini dilakukan secara simultan di sejumlah provinsi rawan bencana karhutla, baik untuk tujuan pembasahan lahan gambut maupun memadamkan karhutla," kata Budi.
 
Pemerintah mengatakan ada tujuh provinsi yang telah menyatakan status siaga darurat terhadap karhutla, yaitu Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Baca juga: BNPB pantau tinggi muka air tanah gambut untuk atasi karhutla
 
Operasi teknologi modifikasi cuaca untuk mendukung upaya penanggulangan karhutla tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Karhutla.
 
BRIN bekerja sama dengan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) melakukan upaya pembasahan lahan gambut di Indonesia. Saat ini operasi dilakukan di wilayah Kalimantan Tengah.
 
Pada awal Agustus 2023 fenomena El Nino yang semakin menguat dengan Indeks bernilai +1.04 menyebabkan kondisi cuaca relatif kering. Kondisi itu berpotensi meningkatkan kemunculan titik panas yang menjadi asal bencana karhutla.

Baca juga: Pemerintah memodifikasi cuaca untuk membasahi kubah gambut
 
Berdasarkan data sebaran titik panas yang tertangkap satelit NASA-MODIS yang dipublikasikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam situs SIPONGI, pada Juli 2023 lalu telah muncul setidaknya 121 titik panas dengan tingkat kepercayaan menengah hingga tinggi (di atas 50 persen) di Kalimantan Tengah.
 
Pantauan Sistem Pemantau Air Lahan Gambut (Sipalaga) yang dipublikasikan oleh BRGM, tujuh stasiun pemantauan tinggi muka air lahan gambut yang saat ini masih terhubung secara daring menunjukkan status rawan.
 
Itu artinya sebagian besar lahan gambut yang ada di Kalimantan Tengah sudah mengering dan ketinggian air dalam tanah sudah lebih rendah dari 40 cm di bawah permukaan tanah.
 
Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Wilayah Kalimantan Yudho Sakti Mustika berharap operasi teknologi modifikasi cuaca bisa mengurangi jumlah karhurla di Kalimantan Tengah.
 
"Ada banyak titik panas yang harus terus dipantau mengingat area yang sulit dijangkau oleh tim darat. Semoga dengan adanya teknologi modifikasi cuaca dapat membuahkan hasil yang optimal, sehingga karhutla dapat terkendali dengan baik," kata Yudho.

Baca juga: Kebakaran lahan Kotawaringin Timur meluas, perlu pemadaman via udara
Baca juga: BPBD Palangka Raya ajukan penambahan personel untuk tangani karhutla

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023