untuk meminimalkan risiko kecelakaan dan melindungi nyawa pengemudi dan pengguna jalan lainnya
Makassar (ANTARA) - PT Pelindo bersama Astra Motor memberikan edukasi kepada 78 tukang ojek pengkolan dan dalam jaringan (daring) terkait keselamatan berkendara (safety riding).

Departemen Hukum dan Humas Pelindo Regional 4, Erisanty di Makassar, Kamis, mengatakan kampanye safety riding yang digelar itu serentak dilaksanakan di seluruh area PT Pelindo.

"Edukasi safety riding ini serentak dilaksanakan di seluruh area dan kegiatan itu bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia," katanya.

Erisanty menyampaikan program safety riding adalah sebuah konsep yang berkaitan dengan keselamatan mengemudi di jalan raya, baik bagi diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

"Kita ketahui bersama, tujuan utama dari safety riding atau driving adalah untuk meminimalkan risiko kecelakaan dan melindungi nyawa dan harta benda, baik bagi pengemudi maupun pengguna jalan lainnya," katanya.

Ia menyebutkan ada tiga manfaat safety riding, pertama meningkatkan kesadaran pengguna jalan akan pentingnya tertib berlalu lintas di jalan raya.

Kemudian mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas dan mengetahui tata cara berkendara yang baik dan aman.

"Hari ini kita menggelar edukasi safety riding dan service motor gratis dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI. Kita menyadari dan memahami bahwa keselamatan mengemudi di jalan raya sangat penting, paling tidak untuk meminimalkan risiko kecelakaan dan melindungi nyawa pengemudi dan pengguna jalan lainnya," katanya. 

Baca juga: Erick Thohir tekankan pentingnya "Safety Riding" bagi generasi muda
Baca juga: YPA-MDR gelar "safety riding" untuk pelajar


Sementara itu, Senior Manager Health Safety Security Environment (HSSE) Pelindo Regional 4, Rosfajrin Latuconsina mengingatkan kepada para pengemudi ojek daring itu agar menggunakan pakaian yang tepat saat berkendara karena akan menjadi penyebab dalam keselamatan.

Beberapa pakaian atau kelengkapan lainnya yang perlu diperhatikan saat berkendara yakni memakai helm, pakaian pelindung seperti jaket, memakai masker, kacamata dan memperhatikan kondisi sepeda motornya.

"Yang paling penting sebelum berkendara cek kendaraan kita, memakai perlengkapan seperti helm, pelindung wajah, kacamata, jaket dan lainnya," terangnya.

Bukan cuma itu, para pengemudi ojek juga dilarang menggunakan minuman keras beralkohol karena akan mempengaruhi tingkat kesadaran saat berkendara.

Baca juga: Cegah kecelakaan lalu lintas, Jasa Raharja gelar talkshow Safety Riding
Baca juga: Studi: Visibilitas penting untuk hindari risiko kecelakaan lalu lintas
Baca juga: Astra Motor Papua berikan edukasi "safety riding" bagi pelajar

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023