sempat ingin mencoba jalur mandiri tetapi niat kuliah di UGM itu terkendala biaya karena orang tua bekerja sebagai tenaga pendidik dan bertani.
Penajam (ANTARA) -
Seorang anak petani bernama Sindy Auliya (19) warga Desa Gunung Makmur, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi atau kuliah terbantu program kerja sama pemkab setempat dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.
 
"Sangat senang berhasil lolos kuliah di Fakultas Psikologi UGM, tidak menyangka terpilih mendapat beasiswa dari UGM," kata Sindy Auliya di Penajam, Kamis.
 
Sebelumnya lanjut dia, sempat ingin mencoba jalur mandiri tetapi niat kuliah di UGM itu terkendala biaya karena orang tua bekerja sebagai tenaga pendidik dan bertani.
 
Setelah mengetahui Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menjalin kerja sama dengan UGM yang seluruh biaya kuliah ditanggung, Sindy Auliya kembali berusaha agar bisa menjadi mahasiswa UGM melalui jalur kerja sama itu.
 
Ia mengaku tidak menyangka terpilih untuk kuliah secara cuma cuma atau tanpa biaya di UGM, sebab pendaftar jalur beasiswa UGM merupakan para pelajar yang berprestasi.
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara telah menjalin kerja sama dalam program penelusuran bibit unggul kemitraan dengan UGM Yogyakarta untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di daerah berjuluk Benuo Taka itu.
 
Penelusuran bibit unggul kemitraan adalah program Bagian Kesejahteraan Masyarakat, jelas Asisten II Bagian Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara Nicko Herlambang, untuk membantu pelajar agar dapat di terima pada perguruan tinggi yang unggul.
 
Selanjutnya tambah dia, mahasiswa yang diterima kuliah melalui jalur penelusuran bibit unggul kemitraan tersebut diberikan bantuan biaya belajar atau beasiswa mulai dari semester pertama hingga semester delapan.
 
Diharapkan program kerja sama terus berlanjut agar semakin banyak pelajar Kabupaten Penajam Paser Utara yang dapat melanjutkan pendidikan di UGM melalui jalur penelusuran bibit unggul kemitraan.
 
"Mudah-mudahan kerja sama bisa berjalan lancar, karena dapat menciptakan bibit unggul SDM Kabupaten Penajam Paser Utara,," kata dia.
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara akan memberikan program pendidikan terbaik dan memberikan kemudahan bagi pelajar untuk bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, demikian Nicko Herlambang.
Baca juga: Ombudsman NTT terima keluhan warga soal biaya kuliah Undana
Baca juga: ITPLN Berikan Beasiswa Gratis Biaya Kuliah Sampai Lulus
Baca juga: USK Banda Aceh beri keringanan biaya bagi calon mahasiswa kurang mampu
 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023