Palembang (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) menyatakan siap mengoperasikan salah satu ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yaitu jalan tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 64,5 kilometer dalam beberapa waktu dekat.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo dalam keterang tertulis yang di Palembang, Kamis, mengatakan tol tersebut dibangun sejak pertengahan tahun 2019, kini konstruksi jalan telah rampung 100 persen dan menerima Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada bulan Juli 2023.

"Dikeluarkannya Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 872/KPTS/M/2023 pada akhir juli lalu, maka Jalan Tol Indralaya – Prabumulih sudah siap untuk dioperasikan dalam waktu dekat," katanya.

Sebelumnya, katanya, jalan tol tersebut telah difungsionalkan secara khusus dalam rangka mendukung arus mudik lebaran 2023.

"Antusiasme masyarakat yang cukup besar, menjadi komitmen Hutama Karya untuk memastikan pemenuhan standar manajemen dan keselamatan lalu lintas bagi pengguna jalan tol. Hal ini didukung dengan dilakukannya serangkaian Uji Laik Fungsi (ULF) yang telah dilakukan juga pada bulan Juni lalu,” ujarnya.

Baca juga: Uji kelayakan Tol Indralaya-Prabumulih utamakan keselamatan pengendara

Secara keseluruhan, ia menjelaskan jalan tol yang dirancang dengan kecepatan 100 km/jam ini dilengkapi dengan dua simpang susun,18 jembatan, serta bangunan pendukung jalan tol yaitu dua rest area.

Diperkirakan jika melalui tol tersebut hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam dari Palembang menuju Prabumulih, dimana jika menggunakan jalan arteri akan menghabiskan waktu mencapai dua jam.

"Hal ini kemudian juga dapat mempersingkat waktu tempuh dari Prabumulih menuju Bandara Mahmud Badaruddin II
Palembang," kata Tjahjo.

Sementara itu, Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru mengatakan percepatan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih penting dilakukan mengingat kebutuhan jalan tol di Sumatra Selatan sudah cukup tinggi.

“Saya lihat progres pembangunan jalan tol ini tepat waktu, bahkan beberapa jembatan penghubung jalan tol ini juga telah dibangun,” kata dia.

Baca juga: Pemudik bisa manfaatkan rest area tol Indralaya-Prabumulih

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023