New York (ANTARA) - Harga minyak menetap lebih rendah pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), dengan minyak mentah Brent bertahan mendekati tertinggi Januari, ketika spekulasi tentang kenaikan suku bunga AS lainnya memudar setelah data inflasi dan OPEC tetap positif pada prospek permintaan minyak.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Oktober merosot 1,15 dolar AS atau 1,3 persen, menjadi menetap pada 86,40 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September tergelincir 1,58 dolar AS atau 1,9 persen menjadi ditutup pada 82,82 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Kedua harga acuan mengalami reli berkelanjutan sejak Juni, dengan minyak mentah WTI diperdagangkan pada Kamis (10/8/2023) di level tertinggi tahun ini dan Brent mencapai harga tertinggi sejak Januari sebelum mundur kembali.

Harga minyak telah didorong dalam beberapa hari terakhir oleh perpanjangan pengurangan produksi oleh Arab Saudi dan Rusia, di samping kekhawatiran pasokan yang didorong oleh potensi konflik antara Rusia dan Ukraina di wilayah Laut Hitam yang mengancam pengiriman minyak Rusia.

Namun data terbaru menunjukkan sektor konsumen di China jatuh ke dalam deflasi dan harga gerbang pabrik memperpanjang penurunan pada Juli, meningkatkan kekhawatiran tentang permintaan bahan bakar di ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

AS juga melarang beberapa investasi di China dalam teknologi sensitif seperti cip komputer dan mewajibkan pemberitahuan pemerintah di sektor teknologi lainnya.

"Data China semakin buruk, dan ini hanya akan mempersulit China untuk meningkatkan ekonominya," kata John Kilduff, partner di Again Capital LLC di New York.

Memberikan dukungan untuk harga, OPEC mengatakan dalam laporan bulanannya pada Kamis (10/8/2023) bahwa pihaknya memperkirakan pasar minyak yang sehat untuk sisa tahun ini, dan tertahan oleh perkiraan permintaan minyak yang kuat pada tahun 2024, karena prospek pertumbuhan ekonomi dunia sedikit membaik.

Data harga konsumen AS Kamis (10/8/2023) untuk Juli memicu spekulasi bahwa Federal Reserve mendekati akhir dari siklus kenaikan suku bunga yang agresif.

Pasar sebagian besar mengabaikan peningkatan 5,85 juta barel yang lebih tinggi dari perkiraan di stok minyak mentah AS yang dilaporkan pada Rabu (9/8/2023), setelah rekor penarikan pada minggu sebelumnya.

Tingkat persediaan yang rendah telah mendorong posisi bensin ke level tertinggi sejak hari Rusia menginvasi Ukraina, serta investor dan analis mengatakan mereka dapat terus meningkat jika rekor panas Samudra Atlantik menarik badai ke Teluk Meksiko dan mengganggu kilang-kilang.

"Dengan defisit bensin dan sulingan yang meluas, kedua pasar kemungkinan akan terbukti sensitif terhadap pernyataan pertama dari peristiwa badai besar yang mampu mencapai Teluk Meksiko dengan status badai," kata John Ritterbusch, presiden Ritterbusch and Associates di Galena. Illinois.

Baca juga: Minyak datar di Asia, setelah stok AS naik lebih besar dari perkiraan

Baca juga: Minyak turun di Asia tertekan kekhawatiran permintaan lebih lemah

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023