Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengajak organisasi perempuan Muhammadiyah, PP Aisyiyah, berperan aktif dalam pencegahan stunting demi mencetak generasi unggul.

"Aisyiah sebagai lembaga besar harus bisa ikut ambil bagian dalam mencegah kelahiran bayi stunting melalui lembaga pendidikan dan dakwah yang dimiliki," ujar Muhadjir dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Ajakan tersebut disampaikan Muhadjir saat menjadi narasumber Rapat Kerja Nasional Aisyiyah di Jakarta.

Baca juga: PP Aisyiyah ajak masyarakat perhatikan kecukupan gizi anak

Baca juga: Menko PMK: Indonesia jadi negara kuat saat stunting teratasi


Muhadjir mengatakan kondisi kesehatan remaja perempuan harus dijaga agar tidak mengalami anemia. Upaya tersebut turut berperan dalam mencegah terjadinya stunting terhadap bayi yang nantinya akan dikandung.

Ia mendorong Aisyiyah untuk dapat berperan aktif dalam pembangunan sumber daya manusia di daerahnya masing-masing melalui kolaborasi dengan pemerintah daerah, yang memiliki anggaran untuk penanganan stunting.

"Itu upaya kongkret, amal jariyahnya besar karena menentukan generasi hingga 20-30 tahun mendatang," katanya.

Selain itu, upaya dalam membentuk Taman Kanak-Kanak (TK) yang holistik juga tidak luput dari perhatian Muhadjir.

Menurut dia sekolah TK memiliki peranan penting dan menjadi pondasi dasar membentuk kecerdasan dan perkembangan otak anak usia dini.

"Kita ingin membentuk anak usia emas dari semua sisi, kecerdasan otak, mental, dan spiritual harus dikerjakan bersama-sama," katanya.

Aisyiyah memiliki 33 pimpinan wilayah setingkat provinsi. Aisyiyah juga memiliki amal usaha yang bergerak di berbagai bidang, di antaranya pendidikan, kesehatan, kesejahteraan sosial, ekonomi, dan pemberdayaan masyarakat.

Amal usaha Aisyiyah bidang pendidikan berjumlah 4.560, terdiri dari Kelompok Bermain, Taman Pengasuhan Anak, Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Pendidikan Tinggi.

Baca juga: Menko PMK minta semua pihak sinergi turunkan kasus stunting di daerah

Baca juga: Aisyiyah perjuangkan isu stunting pada Muktamar 48 Muhammadiyah

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023