Mudah-mudahan teman-teman yang mendapat penghargaan hari ini bisa ke arah sana
Jakarta (ANTARA) - Menyambut Hari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Nasional yang diperingati setiap 12 Agustus, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendukung para UMKM yang mendapat penghargaan pada gelaran “Terbukti NYAM! 2023” di Jakarta, Jumat, untuk naik kelas menjadi Industri Kecil Menengah (IKM) dan melek digital.

Pada ajang apresiasi yang digelar oleh platform lokapasar lokal, Tokopedia itu, sebanyak 13 produk makanan atau minuman terbaik dari pelaku usaha lokal bidang kuliner mendapat penghargaan.

“Jadi kami mengharapkan teman-teman yang mendapat penghargaan ini bisa naik kelas menjadi IKM, dan nanti bertemu kami, dan kami akan mendampingi,” ujar Direktur IKM Pangan, Furnitur, dan Bahan Bangunan Kemenperin Yedi Sabaryadi.

Baca juga: Pemerintah bangun ekosistem yang dukung perkembangan startup

Yedi mengatakan, Kemenperin memiliki tiga program yang menaungi pelaku usaha di taraf IKM, yakni penumbuhan wirausaha baru, fasilitas literasi digital, dan Indonesian Food Innovation. Ketiga program tersebut, akan diberikan kepada 13 UMKM tersebut apabila telah naik kelas menjadi IKM.

Salah satu program tersebut, jelas Yedi, dapat memberikan literasi digital terhadap IKM tanpa dipungut biaya. Sementara Indonesian Food Innovation industri, akan melibatkan para ahli bidang bisnis untuk memberikan pendampingan dan mentoring selama tujuh bulan kepada IKM yang memiliki daya kreatifitas dan inovasi tinggi,

“Mereka akan dibimbing cara manajerial, proses pengolahan, hingga pemasaran, dan diharapkan sebanyak 20 industri kecil bisa memperluas usaha hingga internasional, dan bisa menembus pasar global,” kata Yedi.

“Mudah-mudahan teman-teman yang mendapat penghargaan hari ini bisa ke arah sana,” tambahnya.

Baca juga: SME DigitalFest targetkan 5.000 UMKM siap menghadapi era digital

Lebih lanjut, Yedi mengatakan bahwa melek digital menjadi kunci keberhasilan UMKM dan IKM dalam mencari peluang bisnis. Untuk itu, ajang penghargaan yang juga memberi literasi digital kepada pelaku usaha itu sangat penting untuk terus dilaksanakan kepada lebih banyak lagi UMKM dan IKM.

“Salah satu elemen kunci keberhasilan dalam memanfaatkan peluang adalah peningkatan literasi digital, ini sangat penting karena dapat meningkatkan kinerja bisnisnya,” jelas Yedi.

Adapun 13 kategori nominasi di ajang “Terbukti NYAM! 2023”, yaitu Kopi Bubuk Terbaik, Dessert Terenak, Bakery Terlezat, Non-Coffee Drink Terfavorit, Snack Paling Diminati, Bakmi Termaknyus, Sambal Ter-HOT, Kopi Ter-Hits, Jajanan Pasar Viral, Cookies Paling Nagih, Kuliner Internasional Terfenomenal, Kuliner Nusantara Legendaris, dan Hidangan Sehat Pilihan.

Selain melalui pemungutan suara dari masyarakat sepanjang 3-21 Juli 2023 lalu, 13 pemenang dipilih berdasarkan berbagai kriteria, mulai dari peningkatan penjualan yang signifikan di Tokopedia, konsistensi menyertakan deskripsi dan foto produk yang relevan, ringkas dan jelas, hingga popularitas produk yang terus meningkat.

Pemenang Terbukti NYAM! 2023 juga mendapatkan berbagai keuntungan untuk menunjang usaha. Selain plakat apresiasi, pemenang memperoleh modal pemasaran berupa Saldo TopAds (fitur beriklan Tokopedia) untuk meningkatkan penjualan, lencana digital dengan logo “Terbukti NYAM!” pada toko di lokapasar yang dapat meningkatkan kepercayaan pembeli, hingga kesempatan untuk kolaborasi dengan konten kreator ternama.

Baca juga: UMKM perempuan diproyeksi tembus nilai 135 miliar dolar AS pada 2025

Baca juga: Pertamina ikutkan tujuh UMK meriahkan Hari UMKM Nasional Expo 2023

Baca juga: BPOLBF buka akses pasar bagi UMKM yang terlibat di Festival Golo Koe


Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023