Tangerang (ANTARA) - Pendiri dan CEO of Arkana Agung Sedayu Group Steven Kusumo menyebutkan bahwa pembangunan ruas Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg sepanjang 38,60 kilometer dapat memicu peningkatan berbagai jenis bisnis properti di sepanjang Kawasan Pantai Indah Kapuk.

"Pembangunan tol ini tentu sangat membantu, apa lagi dari segi prospek properti kita," ucap Steven di Tangerang, Jumat.

Menurutnya, dengan adanya pembangunan tol Kamal-Teluknaga-Rajeg yang menghubungkan sejumlah wilayah di Banten tersebut nantinya akan mempermudah akses jalannya bagi investor.

Selain itu, juga dampak lainnya dari pembangunan infrastruktur jalan ini bisa meningkatkan pertumbuhan jumlah hunian di kawasan perumahan yang ada.

"Sektor trafik pun nantinya juga akan banyak, karena ini kan kota baru jadi jumlah hunian akan banyak/meningkat. Selain itu dari sisi komersial, office akan berjalan dengan bagus dan optimis," kata dia.

Diketahui sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memulai proyek pembangunan jalan tol Kamal – Teluknaga – Rajeg sepanjang 38,60 KM.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Jalan Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg diprakarsai oleh PT Duta Graha Karya dengan nilai investasi sebesar Rp23,22 triliun yang dilaksanakan dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) atas Prakarsa Badan Usaha (unsolicited project) yang sepenuhnya investasi dari Badan Usaha.

Proses pelelangan Pengusahaan Jalan Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg sudah disampaikan secara terbuka sejak tanggal 25 September 2020 berdasarkan Surat Menteri PUPR Nomor PB.02.01-Mn/1818. Kemudian berdasarkan Surat Menteri PUPR nomor PB 0201-Mn/1320 pada tanggal 22 Juni 2023 tentang penetapan pemenang lelang yang diprakarsai oleh PT Duta Graha Karya.

Jalan Tol Kamal - Teluknaga - Rajeg memiliki 8 Seksi yakni Seksi 1 (Sedyatmo-Kosambi) 6,7 km, Seksi 2 (Kosambi-Teluknaga) 3,7 km, Seksi 3 (Teluknaga-Tanjung Pasir) 3,1 km, Seksi 4 (Tanjung Pasir–Kohod) 3,65 km, Seksi 5 (Kohod–Surya Bahari) 5,15 km, Seksi 6 (Surya Bahari–Pakuhaji) 5,5 km, Seksi 7 (Pakuhaji–Mauk) 5,1 km, Seksi 8 (Mauk–Rajeg) 5,7 km.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023