Jalan tol ini merupakan salah satu fasilitas terpenting ketika kita ingin memastikan pertumbuhan perekonomian suatu daerah
Kabupaten Padang Pariaman (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan keberadaan jalan bebas hambatan atau tol akan membantu percepatan pertumbuhan ekonomi di suatu daerah.

"Jalan tol ini merupakan salah satu fasilitas terpenting ketika kita ingin memastikan pertumbuhan perekonomian suatu daerah," kata Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau kelanjutan pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi Padang-Sicincin di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Rabu.

Saat meninjau Tol Padang-Pekanbaru Seksi Sicincin yang memiliki panjang 36,15 kilometer, Erick mengatakan kelanjutan pembangunan program strategis nasional (PSN) tersebut harus tetap berjalan meskipun masalah pembebasan lahan belum sepenuhnya rampung.

Mengingat keberadaan tol penting untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi dan kemudahan akses transportasi serta konektivitas, Erick mendorong Hutama Karya sebagai pihak pengembang untuk mengakselerasi pembangunan.

Pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru dimulai pada 2018 namun sempat terhenti pada 2021. Setelah itu, Kementerian BUMN mengadakan rapat bersama Komisi VI untuk mencari solusi pengerjaan PSN tersebut.

Erick mengaku Kementerian BUMN menyambut baik usulan anggota Komisi VI Andre Rosiade yang bertekad melanjutkan pembangunan jalan tol yang sempat terhenti.

"Kementerian BUMN dan Hutama Karya menyambut baik karena jalan tol ini adalah salah satu fasilitas terpenting ketika kita ingin memastikan pertumbuhan ekonomi," ujar dia.

Sementara itu, anggota Komisi VI yang salah satu mitra kerjanya Kementerian BUMN, Andre Rosiade mengakui pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi Sicincin sempat terhenti.

Namun, setelah berkomunikasi dengan Menteri BUMN, pemerintah pusat melalui Kementerian BUMN menganggarkan pembangunan tol itu melalui penyertaan modal negara.

"Pada saat itu saya melobi Pak Menteri BUMN agar mau penyertaan modal negara yang diusulkan kembali disisihkan untuk pembangunan tol," kata Andre.


Baca juga: BPN: Pembebasan lahan Tol Padang-Kapalo Hilalang sudah 94,11 persen
Baca juga: Kementerian PUPR dorong pemerintah daerah segera selesaikan jalan tol
Baca juga: Gubernur sebut Tol Padang-Pekanbaru Seksi I selesai Lebaran 2024

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024