Pemerintah daerah tentu juga sedang berusaha bagaimana caranya merayu masyarakat
Padang (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk segera menyelesaikan permasalahan pembangunan jalan tol seksi Padang-Sicincin.

"Pemerintah daerah tentu juga sedang berusaha bagaimana caranya merayu masyarakat," kata Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah di Padang, Kamis.

Saat ditanyakan lebih jauh permasalahan lambatnya pembangunan tol seksi Padang-Sicincin, Zainal mengatakan secara umum hal proses infrastruktur di Indonesia terkait dengan pembebasan lahan atau tanah.

"Umumnya infrastruktur itu masalah tanah, kalau tanahnya tidak beres maka kita tidak bisa kerja," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR.

Di satu sisi, ia menegaskan Kementerian PUPR berkeinginan pengerjaan tol Padang Pekanbaru yang menjadi proyek strategis nasional (PSN) segera rampung.

Sebab, keberadaan jalan tol tersebut diharapkan dapat memperlancar arus transportasi dan pendistribusian logistik antarprovinsi sehingga berimbas pada peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah maupun pusat.

"Kalau Kementerian PUPR itu maunya pembangunan jalan tol ini cepat selesai. Tanyakan ke pemerintah daerah, siap tidak," ujarnya.

Sebelumnya, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menyampaikan sejumlah kemajuan dari progres pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) salah satunya konstruksi ruas Padang–Sicincin.

Per 12 Oktober 2023 konstruksi pembangunan proyek sudah mencapai 39,24 persen. Sementara, pengadaan lahan untuk pengerjaan PSN tersebut saat ini sudah mencapai 91,62 persen (bidang tanah). Kemudian untuk pekerjaan struktur yang telah rampung di antaranya lima jembatan under bridge, dua jembatan sungai/irigasi, 12 perlintasan box traffic, dua perlintasan box pedestrian dengan total panjang mainroad jalan tol 36,6 kilometer.

Baca juga: Menteri ATR sebut pembangunan Tol Padang-Sicincin capai 39,24 persen
Baca juga: Kejari Pariaman eksekusi lagi terpidana korupsi tol Padang-Sicincin

 

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023