Saat ini sedang masa liburan di Eropa dan negara-negara lain. Mudah-mudahan kami bisa memaksimalkan momentum ini sampai akhir Desember,
Medan (ANTARA) - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara Zumri Sulthony meyakini bahwa jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Sumut akan terus naik seiring waktu.

"Saat ini sedang masa liburan di Eropa dan negara-negara lain. Mudah-mudahan kami bisa memaksimalkan momentum ini sampai akhir Desember," ujar Zumri kepada ANTARA di Medan, Jumat.

Dia melanjutkan, mumpung lagi libur musim panas, pihaknya mencoba untuk menggaet wisman dari Benua Eropa karena selama ini tidak terlalu banyak pelancong luar negeri di Sumut yang berasal dari sana.

Baca juga: BI bersih pantai Manado tingkatkan kunjungan wisman

Perbaikan infrastruktur dan beragam acara berlevel internasional, seperti Kejuaraan Dunia Aquabike 2023 di Danau Toba, pun diupayakan untuk menjadi daya tarik.

"Sebenarnya kami tetap fokus menambah kedatangan wisatawan dari ASEAN dan Asia. Akan tetapi, untuk yang dari Eropa, pasarnya mereka memang kurang banyak, jadi kami mencoba untuk mendapatkan perhatian mereka. Ketika mereka datang itu menjadi hal positif untuk ke depan," kata Zumri.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara meminta Pemerintah Provinsi Sumut agar terus menciptakan "magnet" pariwisata demi menggenjot jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang terus mendaki sejak Januari 2023 tetapi cenderung lambat.

Sampai pertengahan 2023, jumlah wisman yang berkunjung ke Sumut belum mengalami peningkatan signifikan.

Pada Januari 2023 ada 14.195 wisman yang mengunjungi Sumut, kemudian 15.241 orang pada Februari, 16.196 orang pada Maret, 16.151 orang pada April, 16.365 pada Mei dan 16.667 orang pada Juni 2023.

Padahal, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara menargetkan kedatangan 200 ribu-300 ribu wisatawan mancanegara ke Sumut sepanjang 2023.

Baca juga: Sandiaga tarik wisatawan China melalui pemasaran digital tertarget

Pada Januari-Juni 2023, jumlah kedatangan wisman ke Sumut rata-rata masih 15.802 orang per bulan. 

Namun, pada Juni 2023, terlihat ada kenaikan jumlah wisatawan dari Eropa khususnya dari Jerman, Prancis, dan Inggris.

Pada bulan tersebut, ada 390 turis dari Jerman, lebih tinggi daripada Mei (385 orang). Sementara dari Prancis berjumlah 276 wisatawan (Mei, 224 orang) dan Inggris 274 turis (Mei, 201 orang).

Jumlah wisman ke Sumut pada Juni 2023 terbanyak berasal dari Malaysia yaitu 8.355 orang.

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023