kita serahkan langsung ke rumah mereka
Jakarta (ANTARA) - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI Hadi Tjahjanto menyerahkan 35 sertifikat tanah dan satu sertifikat wakaf program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Jumat.

"Pagi hari ini kita baru saja menyerahkan sertifikat. Program PTSL ini bukan hanya di kota-kota besar, tapi juga sampai merambah ke wilayah-wilayah kecil. Kegiatan ini juga dalam rangka memastikan tidak adanya masalah di lapangan, terutama soal penarikan biaya di luar kewajiban dalam penyelesaian sertifikat," kata Hadi di lokasi

Hadi yang didampingi Bupati Kepulauan Seribu Junaedi beserta jajaran mengatakan pihaknya menyerahkan sertifikat secara langsung untuk memastikan masyarakat di Kelurahan Pulau Panggang mendapatkan kepastian hak atas tanah yang ditempati.

"Warga Pulau Panggang hari ini mendapatkan sertifikat atas tanah, memiliki kepastian hukum hak atas tanah, yang kita serahkan langsung ke rumah mereka  (door to door) sebanyak 35 sertifikat dan satu sertifikat wakaf," jelas Hadi.

Hadi menambahkan sertifikat tanah di Kepulauan Seribu sudah mencapai 99,5 persen, sehingga sebentar lagi ini menjadi kabupaten lengkap, yang dampaknya akan memberikan tambahan ekonomi kurang lebih Rp25 triliun dan dari hak tanggung itu sendiri Rp 24,2 triliun.

"Sehingga kita lihat perekonomian mereka sungguh luar biasa dengan nilai tambah ekonomi kurang lebih Rp 24,2 triliun. Ini akan terus kami kerjakan di wilayah-wilayah lain agar dampak dari PTSL ini bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat untuk peningkatan ekonomi mereka," tutup Hadi.
Baca juga: Konsultan: Harga tanah di Jakarta sulit turun meski ibu kota pindah
Baca juga: Polda Metro Jaya tetapkan tiga tersangka kasus mafia tanah di Jakut
Baca juga: DKI terima 162 sertifikat aset berasal dari 225 hektare bidang tanah

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023