Kami berharap dinas-dinas kesehatan tingkat kabupaten dan kota dapat lebih proaktif dalam mengingatkan masyarakat untuk menerapkan prinsip 3M guna mengurangi risiko penularan DBD
Pontianak (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) Erna Yulianti menyampaikan peningkatan kasus kematian akibat penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah tersebut dengan jumlah korban meninggal sebanyak 19 orang.

"Hingga Agustus 2023 ini Dinkes Kalbar mencatat 1.306 kasus DBD yang dilaporkan berasal dari berbagai daerah di Kalbar. Angka ini mencerminkan meningkatnya kasus DBD dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya 900 lebih kasus, dimana hal ini mengundang keprihatinan serius dari pihak berwenang dan masyarakat umum," kata Erna di Pontianak, Jumat.

Terkait hal tersebut ia menekankan pentingnya kolaborasi aktif antara Dinkes Provinsi dan dinas-dinas kesehatan di tingkat kabupaten/kota.

Baca juga: Kemenkes: Waspadai dampak El Nino yang picu kasus dengue meningkat

Erna meminta para pejabat kesehatan lokal meningkatkan upaya pengawasan, pencegahan, dan penanggulangan penyakit DBD di daerah masing-masing.

Langkah ini melibatkan edukasi masyarakat tentang tindakan preventif yang dapat diambil guna mengurangi risiko penularan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Selain itu dalam upaya tanggap darurat, kata dia, Dinkes Provinsi Kalbar telah mengambil langkah konkret dengan mendistribusikan logistik penanggulangan DBD di seluruh Kalbar guna menekan angka kasus DBD di tingkat lokal, termasuk penyediaan peralatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengurangi populasi nyamuk pembawa penyakit.

Baca juga: Ini strategi Kemenkes tekan kasus dengue hingga 2030

"Kami berharap dinas-dinas kesehatan tingkat kabupaten dan kota dapat lebih proaktif dalam mengingatkan masyarakat untuk menerapkan prinsip 3M guna mengurangi risiko penularan DBD. Prinsip 3M meliputi menguras bak mandi secara rutin, menutup rapat penampungan air, dan mengubur barang-barang bekas yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk Aedes Aegypti," tuturnya.

Dalam menghadapi situasi ini, menurutnya, partisipasi aktif masyarakat juga merupakan kunci penting dalam mengendalikan DBD. "Dinkes Kalbar mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar dan turut serta dalam upaya pencegahan, seperti membersihkan genangan air yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk," katanya.

Baca juga: Masyarakat diimbau antisipasi penyakit DBD
Baca juga: Kemenkes temukan 35.694 kasus dengue di awal tahun 2023
​​​​​​​



 

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023