Jakarta (ANTARA) - Sedikitnya 417 siswa SMA sederajat dan 10 mahasiswa jenjang sarjana strata 1 (S1) asal Jakarta, Karawang, Bogor, Bekasi, Tangerang Selatan, Sukabumi, dan Lebak menerima beasiswa dari PT Siam Cement Group (SCG) Indonesia untuk mendukung pemerataan pendidikan di Tanah Air.

“Beasiswa ini sebagai upaya mewujudkan prinsip SCG ESG 4 Plus dan mendukung tercapainya Indonesia Emas 2045,” kata Country Director SCG di Indonesia Warit Jintanawan dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Adapun kategori SMA/sederajat mendapatkan dana pendidikan Rp2 juta dan kategori sarjana sebesar Rp8 juta per tahun yang diberikan hingga mereka lulus atau maksimum masa studi empat tahun.

Baca juga: SCG Indonesia optimistis kembangkan ekonomi sirkular di Indonesia

Selain itu, para penerima beasiswa juga akan memperoleh kesempatan pengembangan diri melalui pelatihan soft skills, keterampilan berbahasa, serta kegiatan jejaring.

Beasiswa yang diberikan melalui program SCG sharing the dream berjalan sejak 2012, artinya selama 11 tahun memberi manfaat bagi 4.040 penerima dengan dana Rp19 miliar meliputi dana pendidikan dan program pengembangan.

Menurutnya, pemerataan pendidikan berperan penting untuk membentuk generasi muda yang berkualitas dan berdaya saing, terutama dalam mencapai visi dan misi Indonesia Emas 2045.

Berdasarkan data BPS, Angka Partisipasi Kasar (APK) untuk tingkat SMA/SMK/sederajat pada 2022, sebesar 85,49 persen, sedangkan APK tingkat perguruan tinggi 2022, sebesar 31,16 persen.


Baca juga: Kemendikbudristek buka pendaftaran Program Beasiswa Unggulan 2023

Baca juga: Yayasan Mochamad Thohir beri beasiswa TAMBA senilai satu juta dolar AS


Warit mengatakan saat ini diperkirakan sekitar 14 persen kelompok usia SMA/sederajat tidak bersekolah dan 69 persen kelompok pemuda usia perguruan tinggi belum berkesempatan berkuliah.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menambahkan kesempatan beasiswa seperti ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para peserta, terutama untuk pengembangan diri.

“Kalian adalah sebagian elite dari generasi muda Indonesia yang memperoleh kesempatan emas, karena itu gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya,” kata Suharso.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023