Adanya kesamaan visi antara Nobu Bank dan MD Co dalam mendukung pengembangan UMKM di Indonesia, mendorong keduanya menyepakati kerja sama ini
Jakarta (ANTARA) - MD Co dan PT Bank Nationalnobu (Nobu Bank) menyepakati kerja sama dalam program pemberdayaan 10 ribu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Ekonomi Kreatif, khususnya ‘Femalepreneur’ di Indonesia.

“Adanya kesamaan visi antara Nobu Bank dan MD Co dalam mendukung pengembangan UMKM di Indonesia, mendorong keduanya menyepakati kerja sama ini,” kata Managing Principal MD Co Merry Riana dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Kerja sama tersebut ditandatangani secara simbolis oleh Managing Principal MD Co Merry Riana dan Direktur Utama Nobu Bank Suhaimin Johan di tengah acara InspiraFest 2023 di Mall Alam Sutera, Tangerang, pada Sabtu kemarin (12/8)

Adapun MD Co merupakan Venture Builder yang fokus pada pemberdayaan UMKM yang didirikan oleh Merry Riana dan David Tjokrorahardjo, yang secara konsisten selama 10 tahun terakhir telah menyelenggarakan InspiraFest, mega seminar tahunan yang diselenggarakan khusus untuk mempertemukan pengusaha muda dan pelaku UMKM di Indonesia.

Kesepakatan tersebut mencakup tiga hal utama, yaitu pertama, pembinaan dan pemberdayaan UMKM Ekonomi Kreatif, khususnya Femalepreneur dengan memberikan peluang bisnis baru dan membuka akses kemitraan di sektor-sektor tertentu seperti bengkel, Fast Moving Consumer Goods (FMCG), dan danFood & Beverages (F&B).

Kedua, memberikan dukungan akses permodalan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan layanan perbankan dari Nobu Bank untuk pengembangan usaha.

Ketiga, pembinaan dan komunitas (coaching & community), yang mana merupakan program pelatihan bisnis bagi pelaku usaha UMKM secara terpadu dan kemudahan dalam melakikan kegiatan bisnis antar pelaku UMKM (cross selling) dalam lingkup komunitas yang dibentuk dan dibina oleh MD Co.

“Kedua belah pihak berharap bahwa langkah kerja sama yang telah diresmikan hari ini dapat memberi kontribusi nyata bagi pertumbuhan dan pengembangan UMKM terutama femalepreneur di Indonesia,” ujar Merry.

Selaras dengan Merry, Direktur Utama Nobu Bank Suhaimin Johan menyampaikan bahwa Nobu Bank melihat bahwa MD Co melalui InspiraFest-nya telah menjadi muara bertemunya para pelaku UMKM Ekonomi Kreatif terutama femalepreneur dari berbagai jenis usaha, dan berbagai daerah di Indonesia yang tentunya membutuhkan mitra dalam pengembangan usaha, khususnya dalam hal akses permodalan.

“Sebagai bank yang berfokus pada pengembangan UMKM, memiliki visi yang selaras dan merasa sangat terhormat mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan MD Co dan Merry Riana dalam mengidentifikasi, mengembangkan, membina dan membuka akses keuangan bagi UMKM Ekonomi Kreatif khususnya para femalepreneurs”, kata Suhaimin.

Untuk itu Nobu Bank menyatakan kesiapannya untuk memberikan dukungan penuh, tak hanya melalui penyediaan permodalan, namun juga pembinaan dan pemberdayaan melalui penyediaan berbagai layanan transaksi perbankan digital seperti layanan mobile banking NobuNeo, layanan Merchant Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), dan kerja sama keagenan melalui NobuBank88 (branchless banking).

Baca juga: Amartha dan Nobu Bank sepakat beri permodalan UMKM Rp100 miliar

Baca juga: Jalin dan Nobu Bank sinergikan layanan keuangan digital terintegrasi

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023