Industri sepeda motor listrik baik kendaraan baru maupun konversi terus diakselerasi oleh pemerintah
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik agar tercipta kualitas udara yang baik, khususnya di wilayah perkotaan seperti Jakarta.

"Kontribusi kendaraan bermotor bahan bakar fosil terhadap polusi udara itu lebih dari 50 persen. Terlebih masyarakat sudah mulai kembali beraktivitas normal setelah pandemi COVID-19, akhirnya membuat polusi di Jakarta meningkat," kata Budi melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Minggu.

Hal itu disampaikannya saat memberi sambutan pada acara fun ride yang diadakan oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) di Jakarta, Minggu.

"Oleh karenanya, kami mengajak masyarakat beralih menggunakan kendaraan listrik. Kalau penggunaannya menjadi masif, diharapkan dapat menurunkan polusi yang terjadi di kota-kota besar," lanjut Menhub.

Ia mengatakan bahwa industri sepeda motor listrik baik kendaraan baru maupun konversi terus diakselerasi oleh pemerintah.

Untuk menjaga aspek keselamatan motor listrik hasil konversi, Kementerian Perhubungan juga telah menerbitkan Permenhub Nomor PM 39 Tahun 2023 tentang Konversi Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Kebijakan itu merupakan bagian dari upaya percepatan peningkatan ekosistem sepeda motor listrik melalui peningkatan pelayanan pengujian tipe sepeda motor konversi.

"Mengapa konversi? Jadi, kalau motor listrik baru itu bagus, tetapi kalau konversi, kami berupaya mengubah dari motor BBM yang sudah ada dan jumlahnya sangat banyak," ungkap Menhub.

Lebih lanjut, ia menyarankan kepada produsen kendaraan listrik dapat membuat spesifikasi baterai yang standar agar memudahkan masyarakat.

Ia juga mengharapkan ekosistem kendaraan listrik dapat terus dibangun sehingga kualitas kendaraan listrik semakin baik dengan harga yang terjangkau.

"Yang akan datang dengan adanya industri nikel di Indonesia akan menjadikan ini lebih baik, dengan harga yang lebih murah," ucap Menhub.

Pada kesempatan sama, Ketua Aismoli Budi Setiadi mengatakan sebagai mitra pemerintah, Aismoli terus berupaya mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia semakin masif.

"Kegiatan hari ini kami lakukan dalam rangka mengajak masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik, mengingat polusi udara di Jakarta yang akhir-akhir ini mengkhawatirkan," ujarnya.

Selain itu, Aismoli juga meminta para pelaku industri kendaraan listrik siap untuk memproduksi sesuai kapasitas yang diperlukan.

Ia pun mengapresiasi berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah melalui berbagai kebijakan.

"Program bantuan pemerintah yang saat ini sudah terbuka untuk masyarakat luas. Misalnya, penggunaan kendaraan listrik menjadi kendaraan operasional di kantor-kantor pemerintah, program konversi kendaraan BBM ke listrik, menciptakan ekosistem, dan berbagai program lainnya untuk mengedukasi masyarakat agar cepat beralih kepada kendaraan listrik," ucapnya.

Jumlah sepeda motor berdasarkan jumlah sertifikat uji tipe dan sertifikat registrasi uji tipe yang terbit per 10 Agustus 2023, untuk sepeda motor konversi, yaitu 183 unit dan untuk sepeda motor listrik baru, yakni 59.388 unit.

Turut hadir dalam kegiatan fun ride tersebut Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno dan Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo.

Baca juga: Menhub tekankan transportasi jadi fokus program transisi energi
Baca juga: Menhub sebut skuter listrik konversi karya UMKM lompatan yang baik
Baca juga: Kemenhub gelar "Electric Vehicle Funday" sosialisasi kendaraan listrik

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023