Kegiatan pengobatan gratis dilaksanakan oleh prajurit Pasmar 2 Korps Marinir yang tergabung dalam Tim Kesehatan Satgasmar Pam Ambalat XXIX
Tanjung Selor, Kaltara (ANTARA) - Satuan Tugas Marinir Pengamanan (Satgasmar Pam) Ambalat XXIX TNI-AL memberikan pengobatan gratis kepada warga di Sebatik, Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), sebagai wujud perhatian dan kepedulian kepada masyarakat di perbatasan.

“Kegiatan pengobatan gratis dilaksanakan oleh prajurit Pasmar 2 Korps Marinir yang tergabung dalam Tim Kesehatan Satgasmar Pam Ambalat XXIX,” kata Komandan Satgasmar Pam Ambalat XXIX Lettu (Mar) Presly Brisky Musak di Nunukan, Ahad.

Satgasmar Pam Ambalat XXIX memiliki tugas pemantauan, pengawasan, pengamanan, dan menjaga wilayah perbatasan, serta stabilitas keamanan di wilayah perbatasan Sebatik dalam rangka mendukung tugas dari Komando Tugas Gabungan (Kogasgab) Ambalat.

Pengobatan gratis itu, katanya, dilakukan dengan cara mendatangi satu per satu rumah warga yang menderita sakit, seperti demam, dehidrasi, serta luka-luka ringan.

Selain memberikan pengobatan, tim kesehatan juga melaksanakan pengecekan kesehatan seperti tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula dalam darah.

Ia mengatakan kegiatan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada masyarakat itu dilaksanakan secara rutin mengingat jauhnya jarak rumah sakit yang memadai di wilayah Sebatik.

Dia menambahkan Satgasmar Pam Ambalat XXIX siap melayani masyarakat yang ingin berobat dan memerlukan perawatan medis.

“Kapanpun akan dilayani, bila mau berobat, silakan datang ke pos-pos Satgarmar Pam Ambalat XXIX yang tersebar di Kecamatan Sebatik,” tuturnya.

Sebelumnya, pada 3 Agustus 2023, Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin mengunjungi Satgasmar Pam Ambalat XXIX di Pos Kotis Marinir Desa Tanjung Aru, Sebatik Timur, Nunukan, Kalimantan Utara.

Kedatangan Wapres beserta rombongan di Pos Kotis disambut oleh Komandan Satgasmar (Dansatgasmar) Pam Ambalat XXIX Lettu (Mar) Presly Brisky Musak.

Dalam kesempatan tersebut Wapres menerima paparan yang disampaikan oleh Dansatgasmar tentang tugas pokok Satgasmar Pam Ambalat XXIX di wilayah perbatasan.

Antara lain yang dipaparkan adalah letak geografis wilayah Sebatik, patok-patok batas negara Indonesia-Malaysia, serta kestabilan keamanan wilayah perbatasan.

Dansatgasmar Pam Ambalat XXIX merasa bangga kepada Wapres beserta rombongan telah memberikan perhatian kepada Satgasmar Pam Ambalat XXIX yang ada di perbatasan Negeri.

“Kunjungan ini dapat meningkatkan mental prajurit yang sedang melaksanakan tugas,” demikian Presly Brisky Musak.

Baca juga: Personel Marinir TNI AL patroli patok perbatasan di Pulau Sebatik

Baca juga: 130 personel diberangkatkan ke Pulau Sebatik di Ambalat

Baca juga: TNI AL soroti bergesernya patok perbatasan di Pulau Sebatik

Baca juga: TNI AL gagalkan penyelundupan induk kepiting di Sebatik

Pewarta: Muh. Arfan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023