Saya melihat di sekeliling kita. Alhamdulillah ekonomi kita bertumbuh 5,17 persen, inflasi kita terjaga 3,28 persen. Tapi masih banyak saudara kita yang kesulitan dan kesusahan mencari kerja
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak pelaku ekonomi kreatif di Lamongan, Jawa Timur (Jatim), untuk memanfaatkan potensi lokal dan berpartisipasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.
 
Menparekraf dalam keterangannya, di Jakarta, Minggu, mengatakan Lamongan punya potensi ekonomi kreatif yang sangat besar sehingga hal ini patut dimanfaatkan oleh pelaku ekraf Lamongan untuk membuka peluang usaha seluas-luasnya.
 
"Saya melihat di sekeliling kita. Alhamdulillah ekonomi kita bertumbuh 5,17 persen, inflasi kita terjaga 3,28 persen. Tapi masih banyak saudara kita yang kesulitan dan kesusahan mencari kerja," ujarnya.

Dengan tumbuhkan lebih banyak wirausaha dan pelaku UMKM baru, lanjut dia, maka akan semakin banyak lapangan kerja yang terbuka sehingga kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat.
 
Sandiaga juga menuturkan kehadiran pelaku UMKM baru tidak hanya dapat membuka lapangan kerja yang luas, tapi juga menekan harga-harga kebutuhan masyarakat.
 
"Kehadiran UMKM ini bisa menekan harga-harga (kebutuhan pokok) menjadi lebih murah," katanya.
 
Sementara itu, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menambahkan masyarakat Lamongan punya etos kerja yang baik, selain itu, Lamongan juga memiliki sumber daya manusia yang cekatan dan terlatih.
 
"Dengan modal sumber daya manusia itu, kita bisa mengelola sumber daya alam dengan lebih baik dan maksimal," kata Yuhronur.

Baca juga: Menparekraf ajak Ipnu buka lapangan kerja di sektor parekraf

Baca juga: Kemenparekraf luncurkan Eco Deals untuk kembangkan industri perhotelan

Baca juga: Menparekraf harap Festival Golo Koe tingkatkan kunjungan Labuan Bajo

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023