gerakan Pramuka semakin berdaya guna serta berhasil guna
Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo mengatakan, pemerintah provinsi senantiasa mendukung gerakan Pramuka sebagai sarana strategis pembentukan karakter generasi muda.

"Diharapkan gerakan Pramuka ini terus menjadi pembentuk karakter generasi kita, dan agar Pramuka ini bisa terus berkembang," tegasnya di Palangka Raya, Senin.

Hal itu dia sampaikan usai memimpin Upacara Hari Pramuka ke-62 tahun 2023 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Tengah.

Edy Pratowo yang juga merupakan Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah menjelaskan, Pramuka mampu beradaptasi dan menyesuaikan perkembangan zaman, sehingga tak akan lekang oleh waktu.

"Pramuka senantiasa menjadi sarana strategis mendukung lahirnya sumber daya manusia handal melalui berbagai program dan kegiatan pendidikannya," tuturnya.

Baca juga: Bone Bolango gelar temu penggalang peringatan HUT Pramuka
Baca juga: Kwarda Kalbar libatkan 2.500 peserta pada HUT ke-62 Pramuka Indonesia


Lebih lanjut disampaikannya, saat ini Gerakan Pramuka terus maju, berkembang serta berkiprah membantu masyarakat maupun program-program pemerintahan dalam menangani pendidikan non formal dalam pembentukan karakter.

Jumlah sumber daya manusia yang ada di gerakan Pramuka, khususnya para Pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka jumlahnya masih sangat terbatas. Maka peningkatan jumlah dan kualitas Pembina serta Pelatih Pembina Pramuka harus terus ditingkatkan.

Wagub menambahkan, Kwartir Nasional telah menaruh perhatian pada peningkatan kualitas Gugus Depan-Gugus Depan Pramuka. Oleh karenanya ia berharap Kwartir di semua tingkatan berpartisipasi dalam peningkatan kualitas Gugus Depan yang berada di wilayah masing-masing.

Ia menyampaikan, saat ini Kwartir Nasional Gerakan Pramuka sedang berupaya memperbaiki Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan membangun sistem aplikasi yang mengarah kepada era digitalisasi, agar Gerakan Pramuka tidak tertinggal serta dapat mengikuti perkembangan zaman.

"Harapan kita agar melalui upaya itu, menjadikan gerakan Pramuka semakin berdaya guna serta berhasil guna," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Sulsel peringati Hari Pramuka ke 62
Baca juga: Bupati Gowa: Pramuka dapat bantu ciptakan SDM unggul
 

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023