UI meraih Bronze Winner pada Kategori Press Release untuk pemberitaan berjudul “UI Serahkan Simbolis Bus Listrik dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Tertinggi kepada Pemerintah untuk G20”
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) meraih penghargaan pemberitaan tentang bus listrik Universitas Indonesia (UI) pada ajang Media Relations Award yang diadakan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS) berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Bali.

Kepala Biro Humas dan KIP UI Amelita Lusia, M.Si., CPR., di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Senin mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada UI. Media massa merupakan mitra strategis bagi UI, dan relasi dengan media ini harus terjaga.

UI meraih Bronze Winner pada Kategori Press Release untuk pemberitaan berjudul “UI Serahkan Simbolis Bus Listrik dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Tertinggi kepada Pemerintah untuk G20”.

"Bermacam good news dari UI dapat tersampaikan kepada publik berkat peran media. Sekali lagi, terima kasih kepada SPS yang sudah menghargai upaya UI," kata Amelita.

Media Relations Awards merupakan ajang kompetisi yang mengapresiasi kinerja korporasi atau institusi di bidang media relations. Kompetisi ini difungsikan sebagai barometer untuk mengukur kinerja media relations sepanjang satu tahun.

Pada kompetisi kali ini, UI mengikutsertakan salah satu pemberitaan mengenai Bus Listrik UI yang merupakan hasil inovasi dari sivitas akademika UI bekerja sama dengan perusahaan dalam negeri.

Pemberitaan tentang Bus Listrik UI ini gencar dilakukan oleh UI dalam hal ini melalui Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik pada periode Juni hingga November 2022, yaitu mulai saat bus listrik diserahkan kepada pemerintah, hingga saat bus listrik dioperasikan di ajang G20.

Untuk berita penyerahan Bus Listrik UI, tercatat ada lebih dari 40 media yang memuat.

Atas prestasi ini,selain Media Relations Award, SPS dan Pemerintah Provinsi Bali juga mengumumkan pemenang untuk tiga penghargaan lainnya, yakni Media Brand Awards, Korporasi Terpopuler di Media Arus Utama 2023, serta Pemimpin Terpopuler di Media Arus Utama 2023.

Pada kesempatan itu, apresiasi Lontar Award 2023 juga diberikan kepada Gubernur Bali, Wayan Koster, yang telah turut memajukan industri dan ekosistem media-media di daerah, khususnya Bali.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Bali juga memperoleh penghargaan Lestari Award 2023 karena keberhasilannya dalam menjaga keberlanjutan warisan budaya setempat sebagai tiang penyangga pers lokal.

Ketua Umum SPS yang juga Komisaris Utama Pikiran Rakyat, Januar P. Ruswita, menyerukan ke semua pihak terutama pemerintah untuk ikut menyelamatkan industri pers Indonesia. Ini dimaksudkan agar di tengah berita palsu yang menyebar di masyarakat, pers tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik dan bermartabat.

Ia mengatakan industri pers saat ini sedang terancam oleh keberadaan platform digital global. Banyak perusahaan pers yang mendegradasikan diri melalui produk jurnalistiknya dengan mengubah karya menyesuaikan selera algoritma platform.

Oleh karena itu, kehadiran pemerintah dalam bentuk kewenangan yang dimilikinya akan membangun ekosistem pers yang memungkinkan industri pers nasional sebagai entitas bisnis yang sehat dan berkelanjutan, serta sebagai insan pers yang terus menghasilkan produk berkualitas dan bertanggung jawab.


Baca juga: UI tawarkan bus listrik sebagai kendaraan ramah lingkungan

Baca juga: Bus Listrik Merah Putih UI ikut sukseskan KTT G20

Baca juga: UI serahkan "Policy Brief" dan bus listrik guna dukung Presidensi G20

Baca juga: Bus listrik UI siap beroperasi di jalur Transjakarta

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023