Peshawar, Pakistan (ANTARA News) - Pertempuran hebat antara tentara Pakistan dan kelompok militan menewaskan 23 tentara dan puluhan gerilyawan kelompok lawan di perbatasan Afghanistan, kata sumber resmi militer, Selasa waktu setempat.

Pertempuran itu menandai operasi militer baru di lembah Tirah di distrik Khyber, tempat pasukan militer telah menargetkan Taliban dan milisi Lashkar-e-Islam yang mengancam wilayah baratlaut dekat kota Peshawar, lapor AFP.

Khyber terletak di jalur transportasi NATO ke Afghanistan, yang digunakan oleh pimpinan pasukan Amerika Serikat untuk mengangkut peralatan militer mereka menjelang penarikan pada 2014. Para pejabat mengatakan hal itu merupakan strategi untuk menjaga keamanan di Peshawar pada pemilu bulan depan.

"Dua puluh tiga tentara telah syahid selama tiga hari terakhir di beberapa wilayah berbeda di lembah Tirah," kata seorang perwira militer kepada AFP.

Pasukan darat telah mengintensifkan serangan terhadap Tehreek-e-Taliban TTP dan Lashkar-e-Islam, kata perwira itu.

Dia mengatakan sedikitnya 110 militan juga tewas. Namun jumlah korban tewas itu tidak diverifikasi dengan benar karena daerah tersebut tertutup oleh wartawan dan relawan pemberi bantuan.

Dia mengatakan kota Tut Sar telah direbut kembali dari militan dan tentara kini sudah mendirikan pos di daerah itu.

"Helikopter dan jet ikut dalam operasi. Mereka menembaki tempat persembunyian gerilyawan di lembah," kata perwira itu.

Seorang perwira militer lainnya mengkonfirmasi informasi yang sama.

Tentara Pakistan telah berjuang selama bertahun-tahun melawan pemberontak, di mana Amerika Serikat telah menuduh mereka tidak berbuat banyak untuk menindak Taliban dan gerilyawan lain yang aktif di Afghanistan. (I029/M016)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013