Banjarmasin (ANTARA News) - Peserta Ujian Nasional tingkat SMU dan sederajat di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan tercatat 7.746 siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Nor Ipansyah, kepada sejumlah wartawan di Banjarmasin Rabu mengatakan, siswa yang terdata mengikuti UN itu di seluruh sekolah yang ada di Banjarmasin dengan rincian tingkat SMAN 3.686 siswa, SMKN 3.208 siswa, MAN 836 siswa, dan SMALB 16 siswa.

"Namun ada lagi tambahan untuk siswa Paket C sebanyak 787 siswa," ujarnya seraya mengatakan UN akan digelar serentak di semua sekolah, sama halnya di seluruh Indonesia.

Sebagai pihak penyelenggara UN tingkat daerah, Disdik sudah mempersiapkannya cukup matang termasuk pengamanan yang ketat.

Terdapat dua lokasi pendistribusian dan pengamanan soal UN sebelum diujikan ke sekolah, yakni, diamankan di Polsek Banjarmasin Timur, ini Rayon 1, dan di Polsek Banjarmasin Tengah, ini Rayon 2," tuturnya.

Menurutnya, soal UN akan tiba ke Dinas Pendidikan pada Hari Jumat, 12 April 2013, tidak begitu lama setelah itu atau hari itu juga langsung diangkut ke rayon masing-masing sesuai jumlahnya.

"Kita pastikan soal UN akan dijaga ketat, Insya Allah aman," ujarnya lagi sembari berharap para siswa menjelang hari-hari UN ini agar terus belajar dengan giat supaya mendapat nilai yang bagus nantinya.

Nilai yang diharapkan paling tidak memenuhi standar minimal nilai kelulusan 5,5, dan diharapkan pula tidak ada siswa yang tidak lulus tahun ini. Yang terpenting pula para siswa menjaga kesehatannya, agar tidak ada yang absen pada UN nanti.

Pewarta: Hasan Zainuddin
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013