Samarinda (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Samarinda, Kalimantan Timur menyalurkan santunan kepada 3.000 anak yatim dan duafa yang bersekolah di SD/MI dan SMP/MTs di Kota Samarinda.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun kepada para anak yatim yang menerima di masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Kalimantan Timur, Selasa.

Wali Kota Andi Harun mengaku bangga karena Badan Amil Zakat Nasional Kota Samarinda mampu mengelola zakat, infak dan shodaqoh dengan sangat baik.

Baca juga: Baznas Samarinda bantu modal usaha kepada mualaf

"Penyerahan bantuan ini juga membuktikan bahwa zakat, infak dan shodaqoh adalah sumber dana potensial untuk kemajuan umat, terutama jika dikelola secara baik, profesional, bertanggung jawab dan transparan," ujar Andi Harun di Samarinda.

Wali Kota mengungkapkan pengelolaan zakat di Kota Samarinda telah diatur oleh Peraturan Daerah Kota Samarinda Nomor 3 tahun 2007.

Tujuannya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat, sebagai upaya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan.

"Pemerintah Kota Samarinda juga telah melaksanakan program Kampung Zakat pada dua lokasi, yaitu Muang Dalam dan Sungai Kapih.

Keberadaan kampung zakat, lanjutnya, merupakan sebuah program pemberdayaan bagi desa atau wilayah tertinggal yang akan mendapat pembinaan, fasilitas dan bantuan finansial dengan dana berbasis zakat, infak dan sedekah, sebagai upaya pemulihan ekonomi.

Melalui program tersebut, Andi Harun mengajak seluruh warga Samarinda untuk dapat menyalurkan zakat, infak dan shodaqoh melalui BAZ agar distribusi lebih mengena dan tepat sasaran.

"Kepada jajaran Baznas Kota Samarinda saya sampaikan terima kasih atas upaya transparansi yang telah dilakukan," ucapnya.

Penyaluran dana zakat seperti ini, katanya, selain patut dicontoh, juga diyakini dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga Baznas itu sendiri.

Oleh karena itu, mudah-mudahan acara seperti ini dapat ditingkatkan pada waktu-waktu yang akan datang.

Ketua Baznas Kota Samarinda Widyasmoro Eko Prawito melaporkan bahwa pengumpulan yang dilakukan Bsznas kota itu, dari Januari sampai Juli 2023, berhasil menghimpun dana sebesar Rp3 miliar lebih.

"Alhamdulillah, program Samarinda Cerdas melalui kegiatan Sedekah Durian (Sedekah Dua Ribuan) di SD dan Sekolah Menengah Pertama di Kota Samarinda berjalan dengan baik," ujar Wudyasmoro.

Menurut dia, dana yang terkumpul di Baznas Kota Samarinda sejak 1 tahun yang lalu, yang dimulai Muharam 1444 H hingga Muharram 1445 H adalah sebesar Rp324 juta lebih.

Baca juga: Baznas Samarinda gelar pengobatan gratis

Baca juga: Baznas Samarinda berhasil himpun zakat Rp1 miliar


Baznas Kota Samarinda menurutnya telah menyalurkan bantuan pendidikan sebesar Rp50,7 juta,  bantuan material pembangunan mushalla di SDN 002 Samarinda Kota Sebesar Rp9 juta, pembelian perlengkapan seragam sekolah, pembayaran SPP dan buku di Pondok Pesantren sebesar Rp41,7 juta.

"Kami juga memberikan santunan kepada 3.000 anak yatim piatu dan duafa dari SD/MI, SMP/MTs di seluruh wilayah Samarinda berupa tas sekolah, botol air dan uang Rp.300.000 per anak, sehingga total keseluruhan sebesar Rp1,3 miliar," tutur Widyasmoro.

Ia menambahkan program Samarinda Peduli, dalam waktu dekat akan berjalan pekerjaan perbaikan (bedah rumah) tidak layak di Kota Samarinda bekerja sama dengan Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Samarinda.

Pewarta: Arumanto
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023