Hari ini jumlah penumpang yang terbang dari Jember menuju Sumenep sebanyak 12 orang, sehingga seluruh kursi terisi penuh
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Penerbangan perintis menggunakan pesawat Susi Air dengan rute Jember-Sumenep, Jawa Timur, penuh dengan penumpang menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Hari ini jumlah penumpang yang terbang dari Jember menuju Sumenep sebanyak 12 orang, sehingga seluruh kursi terisi penuh atau okupansinya 100 persen. Sedangkan dari Sumenep membawa lima penumpang," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bandara Notohadinegoro Edy Purnomo di Jember, Selasa.

Menurutnya, okupansi penumpang di Bandara Notohadinegoro menuju Bandara Trunojoyo atau sebaliknya masih fluktuatif, sehingga keterisian penumpang yang menggunakan angkutan udara diharapkan bisa stabil di atas 70 persen.

"Biasanya jumlah penumpang Susi Air rute Jember-Sumenep sekitar 60-70 persen setiap kali penerbangan, namun pada 'event' tertentu seperti Idul Fitri dan Idul Adha biasanya mencapai 100 persen," tuturnya.

Ia menjelaskan penerbangan perintis rute Sumenep-Jember atau sebaliknya jadwalnya sekali dalam sepekan yakni setiap hari Selasa pada pukul 09.24-10.04 WIB dari Bandara Trunojoyo menuju Bandara Notohadinegoro, sedangkan jadwal pukul 10.14-10.54 dari Bandara di Jember menuju bandara di Sumenep.

Baca juga: Pesawat rute Jember-Sumenep Jatim penuh menjelang Idul Adha 1444 H

"Khusus untuk pekan ini penerbangan perintis Jember-Sumenep akan terbang dua kali dalam sepekan yakni Selasa dan Rabu karena minggu pekan lalu penerbangan rute tersebut dibatalkan pada Selasa (8/8), sehingga sebagai gantinya penerbangan dijadwalkan menjadi Rabu (16/8)," katanya.

Edy mengatakan, pihaknya masih mengusulkan adanya penambahan jadwal penerbangan perintis Jember-Sumenep menjadi dua kali dalam sepekan sesuai dengan kebutuhan masyarakat kepada Kementerian Perhubungan.

"Banyak permintaan dari masyarakat agar ada dua kali jadwal penerbangan menuju bandara perintis di Sumenep dengan jeda waktu sehari misalnya Selasa dan Kamis," ujarnya.

Penerbangan pesawat Grand Caravan dari maskapai Susi Air dengan rute Jember-Sumenep kembali dibuka di Bandara Notohadinegoro Kabupaten Jember sejak 10 Januari 2023 dengan kapasitas penumpang sebanyak 12 orang dan jadwalnya sekali dalam sepekan yakni setiap hari Selasa.

Penerbangan rute Jember-Sumenep dipatok dengan harga tiket Rp242 ribu per orang karena mendapat subsidi dari pemerintah pusat untuk penerbangan perintis tersebut.

Baca juga: Jogja Flying Club dukung wisata dirgantara di Kabupaten Jember

Baca juga: Sejumlah pesawat microlight mendarat di Bandara Notohadinegoro Jember

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023