Jakarta (ANTARA) - Habbatussauda (Nigella sativa) atau lebih dikenal dengan jintan hitam telah dipercaya sebagai salah satu bahan herbal alami yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

“Habbatussauda atau jintan hitam merupakan salah satu bahan herbal yang punya spektrum terluas untuk membantu menjaga kesehatan tubuh secara optimal,” kata Pharmacist & Medical Pharmacoligist, apt. Drs. Victor S. Ringoringo, S.E, M.Sc. melalui siaran persnya, Selasa.

Habbatussauda dikenal dengan manfaatnya untuk menjaga imunitas tubuh, menambah stamina, mengatasi peradangan, hingga mempercepat proses penyembuhan luka. Habbatussauda merupakan salah satu bahan herbal yang memiliki cakupan manfaat banyak terhadap kesehatan, terutama jika dikonsumsi dengan cara dan pola yang tepat.

Salah satu manfaat utama dari Habbatussauda adalah untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh terhadap penyakit. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Asian Journal of Pharmaceutical & Clinical Research, Habbatussauda memiliki kandungan yang berperan sebagai agen antiinflamasi dan antioksidan, termasuk timokuinon dan flavonoid, yang mampu memperkuat respons imun tubuh melawan penyakit.

Baca juga: Manfaat jinten hitam dan pare untuk penderita diabetes

Adapun antioksidan merupakan salah satu senyawa dalam biji Habbatussauda yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan penyakit. Selain membantu meningkatkan daya tahan tubuh, antikosidan juga dapat mencegah berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Habbatussauda juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Hypertension menemukan bahwa dengan mengonsumsi ekstrak Habbatussauda secara rutin dapat menurunkan tekanan darah pada orang-orang yang memiliki hipertensi ringan.

Selain itu, minyak atsiri dalam Habbatussauda juga dapat memperbaiki gangguan dalam sistem pencernaan.

“Oleh karena itu, Habbatussauda juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan perut kembung yang disebabkan adanya gas dalam perut,” kata Victor.

Dengan berbagai kandungan senyawa, mineral, dan vitamin di dalamnya, Habbatussauda juga dipercaya para peneliti mampu memberikan manfaat lainnya, seperti mengontrol kadar gula dalam darah, menurunkan berat badan, mencegah kanker, mengobati cacingan, hingga meningkatkan produksi air susu ibu (ASI).

Baca juga: Sabun halal ala Alyssa Soebandono berbahan dasar madu dan jintan hitam


Cara mengonsumsi Habbatussauda dengan aman

Namun, perlu diingat untuk tidak sembarangan mengonsumsi Habbatussauda. Meskipun Habbatussauda berbentuk produk herbal, tetap perhatikan dosis dan cara mengonsumsi yang tepat.

Habbatussauda dalam bentuk mentah dapat dicampurkan ke dalam makanan, digunakan sebagai bumbu masakan, diseduh, atau disangrai. Untuk mendapatkan manfaat secara optimal dan menghindari efek samping, sebaiknya konsumsi Habbatussauda dalam bentuk sediaan suplemen yang sudah terdaftar di BPOM dan telah tersedia di pasaran.

“Akan lebih baik jika mengonsumsi Habbatussauda dalam dosis yang sudah terukur dan telah diolah dengan teknologi terpercaya. Terlebih saat ini Habbatussauda sudah tersedia dalam bentuk sediaan herbal dan suplemen, dan tentu lebih mudah didapatkan masyarakat,” kata Victor.

Baca juga: Mereguk kenikmatan teh herbal Maluku yang membugarkan

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023