Jakarta (ANTARA) -
Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung bersama pihak swasta menggelar program Generators untuk mencetak siswa yang unggul, berpikir inovatif, dan memiliki kemandirian dalam menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan.
 
Program tersebut ditujukan kepada para remaja kelas 8 dari 75 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) serta melibatkan 250 pendidik SMPN terpilih di seluruh kota Bandung, Jawa Barat untuk Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023-2024.
 
"Penduduk kota Bandung didominasi oleh para generasi muda yang memiliki potensi besar untuk menjadi inovator dan pelaku perubahan yang signifikan. Sejalan dengan Implementasi Kurikulum Merdeka, bahwa sasaran dari output pendidikan saat ini membangun peserta didik memiliki 6 profil Pelajar Pancasila. Di antaranya membangun kemandirian, inovasi, kreativitas, gotong-royong, kebhinnekaan, ketakwaan, dan berpikir kritis," kata Kepala Dinas Kota Bandung, Hikmat Ginanjar, dalam siaran resmi yang diterima Selasa.

Baca juga: Dispendik Jatim gandeng Milenial Job Center kembangkan lulusan SMK
 
"Nilai-nilai tersebut tercakup dalam program Generators, di mana kita membantu mewujudkan perubahan mindset dari para pelajar. Sehingga mereka mampu menjadi agen perubahan di sekitar lingkungan mereka dari mulai keluarga, RT, RW, dan lebih luas lagi," tambahnya.

Schneider Electric melalui Schneider Foundation Indonesia meluncurkan program Generators yang bertujuan mencetak siswa yang unggul, berpikir inovatif, dan memiliki kemandirian dalam menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan. Schneider Electric melalui Schneider Foundation Indonesia, menggandeng Ancora Foundation, Dinas Pendidikan Kota Bandung, dan GenEd (Generation Educators) untuk menjalankan program ini secara komprehensif.

Peluncuran program Generators sejalan dengan Hari Pemuda Internasional 2023 bertema "Green Skills for Youth: Towards a Sustainable World" yang diperingati tanggal 12 Agustus.

Baca juga: Pemkab Sigi gandeng UIN Datokarama asah profesionalitas guru
 
Menurut Badan Dunia PBB, UNICEF, tahun 2022 diperkirakan populasi anak muda dunia saat ini berjumlah 16 persen. Mereka adalah generasi yang paling besar dan paling berpendidikan dalam sejarah dan mendirikan dua kali lebih banyak usaha daripada orang yang lebih berpengalaman sebelumnya.
 
Generators adalah salah satu bagian penting dari upaya mendukung terwujudnya Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang ditetapkan oleh Badan Dunia PBB, yaitu memanfaatkan kekuatan seluruh generasi, dengan mendorong pembelajaran, peningkatan keterampilan, dan merintis jalan masa depan untuk generasi selanjutnya.​​​​

Baca juga: Sekolah Citra Kasih tekankan pemberdayaan potensi unik siswa

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023