Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-17 Bima Sakti di Jakarta, Selasa, mengaku cukup puas dengan penampilan yang diperlihatkan para pemain timnas U-17 hasil seleksi di 12 kota.

"Ya mereka punya kualitas. Ada beberapa pemain yang bisa kita kasih kesempatan nanti. Tapi memang semuanya memang kita butuh kompetisi. Kalau untuk turnamen Piala Dunia ini yang sudah mepet di bulan November, memang kita butuh pemain yang siap, memiliki pengalaman, lalu mentalnya juga bagus, komunikasinya bagus," kata Bima di lapangan latihan A Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa.

Bima juga mengatakan dirinya senantiasa berdiskusi dengan konsultan pelatih Frank Wormuth mengenai para pemain di skuat asuhannya.

"Kami sudah komunikasi dengan coach Frank. Yang paling pertama kami melihat mental mereka dulu. Mental mereka bagaimana mereka berkomunikasi, bagaimana mereka bereaksi, kemudian attitude mereka di lapangan, bagaimana saat bertahan maupun menyerang. Kemudian kita melihat teknik mereka, melihat kecepatan mereka," ujar mantan pemain PSSI Primavera itu.

Baca juga: PSSI ungkap jaminan pemerintah untuk Piala Dunia U-17 sudah keluar

Setelah memimpin latihan bersama yang diikuti sebanyak 50 orang pemain timnas U-17 hasil seleksi tersebut, Bima mendapati bahwa sebagian besar para pemain hasil seleksi tersebut masih belum memiliki kekuatan fisik dan stamina yang dibutuhkan untuk menjalani pertandingan.

Oleh karena itu, ia masih akan melakukan sejumlah evaluasi terhadap mereka.

Untuk saat ini, Bima menyatakan bahwa pihaknya masih mencari sosok pemain yang dapat menjadi penyerang utama, pemain sayap kanan, dan pemain sayap kiri.

PSSI sangat serius mempersiapkan timnas untuk berkompetisi di Piala Dunia U-17 November mendatang. Untuk mendukung hal tersebut, maka timnas U-17 asuhan Bima akan menjalani sejumlah pertandingan uji coba, termasuk melawan Korea Selatan pada 30 Agustus.

"Nah ini (Korea Selatan) lawan yang bagus buat kita. Kita bisa mengukur lagi latihan selama ini ada hasilnya apa tidak? Dan semoga saja pemain bisa memberikan yang terbaik," ujar Bima.

Setelah melakoni laga uji coba melawan Korea Selatan, timnas U-17 akan berangkat ke Jerman untuk menjalani pemusatan latihan di sana.

Baca juga: Waketum PSSI sebut banyak hal yang harus diperbaiki timnas U-17

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023