Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di YouTube menarasikan bahwa penyanyi asal Kanada, Justin Bieber pada konsernya di London menyanyikan lagu Loneliness dari penyanyi muda Indonesia Putri Ariani.

Lagu tersebut sempat trending di media sosial YouTube pada acara America’s Got Talent beberapa waktu lalu. 

Dalam video tersebut terlihat Justin mengenakan kacamata hitam, jaket putih dan juga kupluk oranye sedang bernyanyi diatas panggung penuh penonton. Dalam video tersebut terdengar Justin menyanyikan lagu Loneliness Putri Ariani.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Keren Abis Justin Bieber Bawakan Lagu Loneliness Ciptaan Putri Ariani saat Manggung di London”

Namun, benarkah bahwa Konser Justin Bieber di London bawakan lagu Putri Ariani?

Unggahan video hoaks yang menarasikan Justin Bieber menyanyikan lagu Loneliness di Konser London pada Juli 2023. Faktanya, video terse but merupakan editan. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, cuplikan video Justin mengenakan jaket biru serupa dengan unggahan video dokumenter yang terdapat juga di YouTube Justin yang berjudul “Justin dan Hailey - Justin Bieber: Seasons”.

Dalam video dokumenter tersebut, Justin dan Hailey bercerita tentang awal pertemuan mereka, mengapa mereka yakin berjodoh, dan bagaimana rasanya memulai pernikahan.

Video Justin diatas panggung juga serupa dengan unggahan video di YouTube FireFax yang berjudul “Justin Bieber - Somebody (Live From Rock In Rio, Brazil)” yang diunggah pada 8 September 2022. 

Selain itu, diketahui suara Justin Bieber yang menyanyikan lagu loneliness merupakan hasil dari AI Generator. Sehingga, klaim konser Justin Bieber di London bawakan lagu loneliness Putri Ariani merupakan keliru.

Klaim: Konser Justin Bieber di London bawakan lagu loneliness Putri Ariani

Rating: Hoaks

Cek fakta: Disinformasi! Putri Ariani hadiri peresmian cawapres Anies Baswedan

Cek fakta: Kumpulan hoaks sepekan, Jokowi konsumsi MSG hingga lagu Putri Ariani dibeli

Baca juga: Menparekraf dukung Ronan Keating kolaborasi dengan Putri Ariani

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023