Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan Selasa (15/8), mulai dari Presiden Jokowi kukuhkan anggota Paskibraka 2023 hingga Sekretaris Jenderal PDIP tegaskan sudah Presiden Jokowi menepis isu mendukung Prabowo Subianto dalam Pemilu 2024.

Berikut lima berita politik menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. Presiden Jokowi kukuhkan anggota Paskibraka 2023

Presiden Joko Widodo mengukuhkan 76 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas pada Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, 17 Agustus 2023.

"Dengan memohon ridho Allah Yang Maha Kuasa, pada hari ini saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2023. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara,” kata Jokowi dalam Upacara Pengukuhan Paskibraka di Istana Negara, Jakarta, Selasa sore.

Klik link di sini.

2. DEEP: Kekosongan jabatan di Bawaslu daerah turunkan kepercayaan publik

Direktur Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Neni Nur Hayati menilai kekosongan jabatan di 514 Bawaslu kabupaten dan kota dapat memicu turunnya kepercayaan publik terhadap lembaga pengawas pemilu tersebut.

"Saya khawatir dengan adanya kekosongan jabatan di 514 Bawaslu kabupaten dan kota berpotensi meruntuhkan kepercayaan publik kepada pengawas pemilu, karena publik menaruh kecurigaan terhadap kredibilitas penyelenggara apalagi diperparah dengan kondisi minimnya transparansi dan akuntabilitas saat proses seleksi berlangsung," kata Neni dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Klik link di sini.

3. Kemhan serahkan unit ketiga C-130J Super Hercules ke TNI AU

Wakil Menteri Pertahanan RI M. Herindra menyerahkan unit ketiga C-130J Super Hercules kepada Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI Agustinus Gustaf Brugman di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa.

Dengan demikian, TNI AU pada 2023 telah menerima tiga unit C-130J Super Hercules buatan perusahaan Amerika Serikat Lockheed Martin dari lima unit pesawat yang dipesan oleh Kementerian Pertahanan RI.

“Ini adalah bukti komitmen dari Menhan (Menteri Pertahanan) Pak Prabowo Subianto untuk selalu meningkatkan kekuatan alutsista kita. Kita melihat ini adalah pesawat Hercules terbaru, sangat canggih, dan mudah-mudahan ke depan kita akan terus mendapatkan alutsista yang terbaik untuk menjaga kedaulatan NKRI,” kata Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI saat jumpa pers selepas upacara serah terima di Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa.

Klik link di sini.

4. Relawan Ganjar serap masukan dari KSBSI

Relawan bakal calon presiden Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) menyerap masukan dan aspirasi dari Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI).

"Kami ingin menyerap masukan, konsep, dan solusi atas isu-isu ketenagakerjaan," kata Ketua Umum GBB Lukman Hakim dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Klik link di sini.

5. PDIP: Presiden Jokowi sudah tepis isu dukung Prabowo

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo sudah menepis isu mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024.

"Hal tersebut sudah dibantah oleh Presiden Jokowi," kata Hasto menjawab pertanyaan wartawan seusai menghadiri acara pemberian sertifikat rekor MURI kepada PDIP terkait pengobatan gratis di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Klik link di sini.

Baca juga: Sebanyak 12 Paskibraka yang dikukuhkan Jokowi berasal dari Papua

Baca juga: Relawan Jokowi pendukung Prabowo tegaskan tak ada arahan dari Presiden

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023