Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan 100 kepala keluarga (KK) di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengungsi akibat banjir yang melanda Rabu tengah malam.

“Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan mencatat sekitar 100 KK di wilayahnya mengungsi ke tempat aman,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya disiarkan di Jakarta, Rabu.

Menurut laporan dari BPBD Kabupaten Pesisir Selatan, Abdul mengatakan warga telah dievakuasi dari tempat tinggalnya. Beberapa warga berada di beberapa pos pengungsian.  

Namun pengungsian masih tersebar, tidak terpusat. Kebanyakan menyebar ke rumah kerabat maupun gedung serbaguna.

Pantauan BPBD menyebutkan air kembali naik pada Selasa (15/8) malam sehingga pemukiman warga terendam. Sedangkan di Nagari Air Hitam, air cenderung surut dan beberapa titik masih ada genangan.  

Upaya darurat yang telah dilakukan yaitu evakuasi warga dan pendistribusian bantuan kepada warga terdampak. Bersama dengan Camat Silaut dan forum pimpinan di tingkat kecamatan, BPBD Kabupaten Pesisir Selatan memberikan bantuan makanan, selimut dan matras.

“ Di samping itu, petugas BPBD masih terus melakukan pendataan warga yang mengungsi ke tempat aman,” kata Abdul

Tim kaji cepat BPBD mengidentifikasi kebutuhan mendesak untuk warga terdampak, antara lain makanan siap saji, air bersih dan dukungan pelayanan kesehatan.

Wilayah desa atau nagari terdampak yaitu Nagari Sanbungo, Air Hitam, Sungai Seri, Sungai Pulai, Silaut, Lubuk Bunta, Pasir Binjai, Sungai Sirah, Durian Seribu dan Talang Binja. Wilayah terdampak banjir yang tinggi muka air sempat mencapai 175 cm ini berada sekitar 170 km dari kota utama, Painan.

Tercatat 713 KK atau 2.432 jiwa yang tersebar di desa ini terdampak banjir.

Peringatan dini cuaca hingga hari ini (16/8) dan esok, Provinsi Sumatra Barat masih berpeluang hujan dengan intensitas lebat yang disertai petir atau kilat dan angin kencang. Sedangkan pada periode waktu dua hari ini wilayah Pesisir Selatan berpeluang hujan dengan intensitas ringan.

“BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga tetap waspada dan siap siaga dalam menghadapi potensi bahaya hidrometeorologi basah, meskipun saat ini berada pada musim kemarau. Salah satu langkah kesiapsiagaan, warga dapat menyiapkan tempat evakuasi berbasis komunitas dan menyiapkan ketersediaan logistik jika terjadi banjir yang mengharuskan masyarakat untuk mengungsi,” kata dia.

Baca juga: BPBD siaga banjir di Kabupaten Pesisir Selatan meski telah surut

Baca juga: BNPB: Awan hujan berkurang, pemda perlu antisipasi debit air

Baca juga: BNPB: Musim kemarau Indonesia bukan tanpa banjir

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023