Komoditas porang dan sarang burung walet menjadi favorit masyarakat Tionghoa. Di Indonesia, khususnya Jatim, cukup besar produksinya. Jika ini mendapat akses lebih besar maka akan membantu rakyat Jatim
Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengungkap peluang pasar komoditas porang dari wilayah provinsi setempat untuk diekspor ke China.

"Khususnya olahan porang, selain juga sarang burung walet, dua komoditas ini menjadi pembahasan Presiden Joko Widodo saat bertemu Presiden Republik Rakyat China Xi Jinping," kata Khofifah melalui keterangan tertulis di Surabaya, Rabu.

Gubernur Khofifah menindaklanjuti pembahasan kedua kepala negara tersebut saat menerima kunjungan Duta Besar Republik Rakyat China (Dubes RRC) untuk Indonesia Lu Kang di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada 15 Agustus 2023.

"Komoditas porang dan sarang burung walet menjadi favorit masyarakat Tionghoa. Di Indonesia, khususnya Jatim, cukup besar produksinya. Jika ini mendapat akses lebih besar maka akan membantu rakyat Jatim," ujarnya.

Pertemuan Gubernur Khofifah dengan Dubes Lu Kang juga fokus membahas peningkatan kerja sama antara di sektor manufaktur dan industri hilir, serta pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Mantan Menteri Sosial itu berharap Provinsi Jatim mendapat perhatian dari berbagai program yang dikembangkan RRC. Terlebih, pada kuartal kedua 2023 pertumbuhan ekonomi di Jatim tumbuh 5,24 persen di atas rata-rata nasional. Selain itu penduduk Jatim merupakan terbesar kedua setelah Jawa Barat.

Khofifah mengungkapkan, investasi RRC di Jatim pada sektor industri manufaktur cukup strategis.
Menurutnya, investasi di sektor industri manufaktur dapat memberikan nilai tambah pada hilirisasi produk sehingga bisa berdampak pada tumbuhnya perekonomian masyarakat yang lebih kuat.

Selain itu, Gubernur Khofifah juga berharap jalinan kerja sama antara Jatim dan RRC dapat meningkatkan kualitas SDM di antaranya melalui beasiswa pendidikan dan pelatihan tenaga kerja.

Khofifah mengupayakan SDM Jatim untuk mendapatkan pelatihan vokasional di RRC yang diyakini dapat meningkatkan skill atau kemampuan dalam dunia kerja.

"Percepatan transfer of knowledge dan skill ini bisa terwujud melalui format-format kerja sama antara Jatim dan RRC. Pelatihan dan pembelajaran di bidang vokasi akan sangat menguntungkan bagi SDM Indonesia," ucapnya.

Dubes Lu Kang menyampaikan komitmennya untuk mendorong kerja sama yang lebih erat antara Jatim dan RRC.

"Banyak hal konkret yang bisa dikaji lebih lanjut di sektor industri manufaktur dan pendidikan," katanya.

Lu Kang memastikan Jatim telah menjadi tujuan primadona investasi RRC.

"Peluang beasiswa untuk para pelajar Indonesia terbuka lebar di RRC. Terima kasih sambutan hangat dan ramah dari Ibu Gubernur Khofifah. Ini adalah pertama kalinya saya ke Jatim. Namun sudah terlihat bahwa provinsi Jatim adalah basis penting bagi industri Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Gubernur Jatim tawarkan ekspor porang dan sarang burung walet ke China
Baca juga: Pertumbuhan ekonomi Jatim 5,24 persen pada triwulan II/2023
Baca juga: Arab Saudi incar produk porang Indonesia

 

Pewarta: Abdul Hakim/Hanif Nashrullah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023