Teheran (ANTARA News) - Wakil Menteri Luar Negeri Iran untuk Urusan Asia-Pasifik, Abbas Araqchi, menyatakan kesiapannya untuk membantu menemukan solusi damai bagi krisis Korea.

"Iran siap membantu menemukan solusi damai terhadap krisis yang ada di semenanjung Korea jika itu dianggap perlu oleh kedua pihak," kata Araqchi dalam wawancara eksklusif dengan Kantor Berita IRNA di Teheran, Rabu.

Arachi menekankan bahwa Korea Utara dan Korea Selatan telah berulang kali mengumumkan bahwa mereka tidak menginginkan perang dan dia menganggap pernyataan itu sebagai sinyal positif.

"Kami menganggap ini sebagai sinyal positif kepada masyarakat internasional untuk membantu mereka mengurangi ketegangan dan menemukan cara damai atas sengketa itu," tegas Araqchi.

Tentang beberapa laporan yang menyebut Pyongyang telah memperingatkan diplomat asing untuk meninggalkan wilayahnya pada 10 April, Araqchi mengatakan, "Pyongyang hanya meminta kedutaan asing dan kantor organisasi internasional mengumumkan fasilitas yang mereka perlukan untuk memberikan keamanan bagi staf."

Ditanya apakah diplomat Iran telah meninggalkan Korea Utara, Araqchi mengatakan, "Mengingat sensitivitas isu tersebut, kami sedang mempertimbangkan situasi untuk membuat keputusan terkait kondisi tersebut."

Diplomat Iran itu juga meminta Pyongyang dan Seoul menghindari gerakan provokatif terhadap satu sama lain dan mencoba untuk menemukan solusi damai atas permasalahan mereka.

Ia menegaskan bahwa melancarkan perang nuklir tidak akan membantu perdamaian dan stabilitas global.


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013