Kami mengapresiasi pekerjaan yang telah dilakukan oleh pemerintah pusat dan berharap pencapaian itu dapat dipertahankan dan ditingkatkan
Samarinda (ANTARA) - Ketua DPRD Kalimantan Timur Hasanuddin Mas’ud mengatakan pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 di Gedung MPR/DPR/DPD RI Jakarta, menunjukkan pencapaian dan harapan yang optimistis.

"Kami mengapresiasi pekerjaan yang telah dilakukan oleh pemerintah pusat dan berharap pencapaian itu dapat dipertahankan dan ditingkatkan,” ujar Hasanuddin usai rapat paripurna ke-25 di Gedung DPRD Kaltim, Samarinda, Rabu.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun menyoroti isu hilirisasi dan upaya menghutankan lokasi pascatambang yang juga menjadi bagian dari pidato Presiden Jokowi.

Samsun mengatakan hilirisasi harus segera dilaksanakan di Kalimantan Timur karena sumber daya alam tambang melimpah di 'Benua Etam'.

“Hilirisasi itu di Kaltim juga harus segera dilaksanakan terkait dengan pengoptimalan sumber daya alam. Di Kaltim, apa yang dihasilkan, lebih banyak batu bara selama ini kita ekspor material saja atau bahan mentah," ujar Samsun.

Baca juga: Jokowi: RAPBN 2024 didesain guna percepat transformasi ekonomi

Baca juga: Presiden: Transfer ke daerah diarahkan beri manfaat nyata bagi publik


Selain tambang, Samsun mengatakan Kaltim sudah punya banyak pabrik- pabrik minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) yang mengolah minyak mentah sawit.

Kaltim semestinya perlu memikirkan produk turunannya sehingga industri sawit bisa dioptimalkan dari hulu ke hilir.

Terkait pemanfaatan area pascatambang yang disebut Presiden, Samsun mengakui pemanfaatan itu merupakan konsep bagus tapi masih sulit dilakukan dengan efektif.

Tanah yang sudah ditambang, menurut Samsun, mengandung zat asam yang berdampak pada lahan menjadi tidak produktif untuk ditanami kembali.

“Intinya konsepnya bagus pascatambang kemudian bisa ditanami lagi tapi hasilnya tidak maksimal. Kalaupun bisa itu tadi upaya-nya terlalu keras kita harus menggemburkan tanah kembali dan harus meningkatkan unsur hara tanah,” kata Muhammad Samsun.

Kedua pimpinan DPRD Kaltim itu menyampaikan ucapan selamat HUT ke-78 RI kepada seluruh rakyat Indonesia. DPRD Kaltim berharap Indonesia semakin bisa mensejahterakan rakyatnya.

“Ucapan selamat hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia pada usia ke-78, mudah-mudahan Indonesia semakin bisa mensejahterakan rakyatnya,” kata Hasanuddin yang juga disambut Muhammad Samsun.
 

Pewarta: Arumanto
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023