Jakarta (ANTARA) - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengapresiasi penganugerahan Bintang RI Adipradana untuk Ibu Negara Iriana Jokowi.

"Pemberian yang sangat layak. Ibu Iriana mendampingi Pak Jokowi dalam memimpin Indonesia, menjadikan Indonesia jauh lebih maju," ujar Plt. Sekretaris Jenderal DPP PSI Isyana Bagoes Oka dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Menurut Isyana, Ibu Negara Iriana memiliki peran penting dalam mendampingi Presiden Joko Widodo memimpin Indonesia. Hal ini terbukti dengan kondisi Indonesia yang makin maju.

"Beliau menjadi Ibu Negara yang membawa Indonesia melewati pandemi dan krisis ekonomi," katanya.

Tidak hanya itu, Ibu Negara Iriana juga telah memperlihatkan diri sebagai ibu negara yang hebat.

"Beliau adalah sosok yang sederhana dan rendah hati. Kami, para politisi perempuan di PSI, menjadikannya teladan," tambah Isyana.

Sebelumnya, pada hari Senin (14/8), Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan yang memiliki kriteria dan pertimbangan untuk memberikan tanda kehormatan kepada istrinya, Iriana Joko Widodo.

"Semuanya dari, semua diajukan, dan atas pertimbangan dari Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan," kata Jokowi setelah penganugerahaan Tanda Kehormatan di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Atas dasar itu, Presiden Jokowi meminta semua pertanyaan mengenai alasan pemberian tanda kehormatan kepada Iriana diajukan ke Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

"Ya, ditanyakan saja ke Dewan Gelar, tanyakan ke Dewan Gelar,” ujarnya.

Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin, memberikan Tanda Kehormatan kepada 18 tokoh, di antaranya Ibu Negara Iriana Jokowi yang memperoleh Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipradana dan Wury Estu Handayani, istri Wakil Presiden RI Ma' ruf Amin, yang memperoleh Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana.

Pemberian tanda kehormatan itu sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 66, 67, 68, 69/TK/Tahun 2023 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipradana, Bintang Mahaputera, Bintang Jasa, dan Bintang Budaya Paramadharma.

Baca juga: Presiden anugerahkan tanda kehormatan ke Iriana Jokowi dan tokoh lain
Baca juga: Presiden anugerahkan tanda kehormatan Presiden FIFA pada November 2023

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023