Saya mengapresiasi dan menyampaikan rasa bangga serta rasa hormat atas segala dedikasi luar biasa yang dilakukan oleh generasi muda
Mataram (ANTARA) - Bupati Bima, Nusa Tenggara Barat, Indah Dhamayanti Putri melepas puluhan ekor penyu dan transpalantasi terumbu karang di Pantai Oi Fanda, Kecamatan Ambalawi.

"Saya mengapresiasi dan menyampaikan rasa bangga serta rasa hormat atas segala dedikasi luar biasa yang dilakukan oleh generasi muda, khususnya panitia. Kami berharap seluruh masyarakat, generasi selanjutnya khususnya, untuk mencintai alam ini. Keindahan yang kita lihat hari ini juga harus dapat dilihat oleh generasi selanjutnya," kata Bupati Bima dalam keterangan tertulis diterima wartawan di Mataram, Rabu.

Baca juga: Puluhan tukik ditemukan terdampar di Pantai Cengkrong Trenggalek

Untuk tetap menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan pesisir Oi Fanda, menurut Bupati Bima, penting kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya sehingga tercipta suasana nyaman yang menjadi daya tarik para pengunjung atau wisatawan untuk terus datang menikmati keindahan pantai.

Oleh karena itu, dirinya berharap seluruh elemen masyarakat, baik pemerintah kecamatan, desa, komunitas pecinta lingkungan dan generasi muda untuk terus menjaga dan memelihara keindahan pantai, keragaman biota laut, kelestarian terumbu karang dan memastikan penyu yang dilepas dapat berkembang biak dengan baik.

Baca juga: Rektor UGM lepas tukik di Pantai Trianggulasi dukung pelestarian penyu

Ketua Panitia Pelaksana Fauzian mengatakan total penyu yang dilepas sebanyak 77 ekor. Selain pelepasan penyu juga dilakukan dan transplantasi terumbu karang.

Untuk keberlanjutan kegiatan, dirinya berharap dukungan pemerintah daerah dan elemen lainnya.

"Saat ini, Pokmaswas Oi Fanda membutuhkan alat dan prasarana tambahan untuk pengawasan terumbu karang dan penyu yang dilepas dan transplantasi di area Oi Fanda Fanda," katanya.

Baca juga: BRI Insurance lepas ratusan tukik untuk jaga keseimbangan alam
 

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023