Pada saat yang tepat nanti kita akan mengetahui siapa menteri keuangan yang akan menjalankan tugas
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono masih mempertimbangkan pengganti Menteri Keuangan Agus Martowardojo yang sudah terpilih menjadi Gubernur Bank Indonesia.

"Sampai saat ini Presiden masih mempertimbangkan siapa yang paling tepat menduduki pos Menkeu," kata Juru Bicara Presiden Julian A Pasha di Jakarta, Kamis.

Agus Martowardojo terpilih sebagai Gubernur BI periode 2013-2018 menggantikan Darmin Nasution yang habis masa jabatannya pada Mei mendatang, melalui hasil penghitungan suara atau voting secara tertutup di Komisi XI DPR RI.

Komisi XI DPR RI memberikan 14 catatan kepada Gubernur BI terpilih dalam menjalankan tugas dan fungsinya, antara lain terkait pengendalian inflasi, kestabilan nilai tukar, pengembangan perbankan syariah, asas resiprokal, keberpihakan kepada sektor riil dan menciptakan sistem pembayaran yang efisien.

Sebelumnya, Agus Martowardojo telah memiliki sejumlah pengalaman dan pernah menempati beberapa jabatan strategis dalam lingkungan perbankan, seperti menjadi Ketua Perbanas dan Ketua Himbara.

Pada 20 Mei 2010, Agus Martowardojo terpilih sebagai Menteri Keuangan menggantikan posisi yang ditinggalkan Sri Mulyani Indrawati untuk menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Mari Elka


Pada kesempatan itu Julian juga mengatakan bahwa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dinominasikan menjadi salah satu kandidat Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

"Kalau diasumsikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terpilih maka posisinya juga akan kosong. Dan itu berarti akan ada pergantian juga di sana. Dalam arti akan ada nama baru yang akan menduduki pos tersebut," tuturnya.

Pewarta: GNC Aryani
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013