Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meningkatkan kualitas mutu, produk dan nilai tambah melalui strategi hilirisasi industri pengolahan perikanan, salah satunya untuk komoditas tuna-tongkol-cakalang (TTC).

KKP membangkitkan industri kelautan dan perikanan melalui pemenuhan kebutuhan bahan baku industri, peningkatan kualitas mutu produk dan nilai tambah untuk peningkatan investasi.

"Serta ekspor hasil kelautan dan perikanan yang dilaksanakan dengan strategi hilirisasi industri pengolahan untuk komoditas TTC, rajungan-kepiting, udang dan rumput laut serta dengan peningkatan ragam (diversifikasi) produk bernilai tambah,” ujar Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Budi Sulistiyo kepada Antara di Jakarta, Rabu.

Budi menuturkan, industri pengolahan komoditas TTC di Indonesia sebanyak 1.019 unit pengolahan ikan (UPI) dengan volume produk olahan pada 2022 mencapai 318.167 ton dengan nilai ekspor sebesar 690,34 juta dolar AS.

Produk tersebut, diekspor dalam bentuk 67 persen beku, 26 persen kaleng, 4 persen segar dingin, 1 persen asap dan 2 persen olahan lainnya.

Adapun  ragam produk (diversifikasi) produk TTC yang dihasilkan UPI di Indonesia dalam bentuk beku berupa loin hingga tulang/rusuk tuna.

Sedangkan dalam bentuk segar berupa ikan utuh untuk sashimi atau utuh, tuna kaleng, serta olahan lain berupa bakso hingga sambal dan ikan asap.

Sementara untuk produk non pangan antara lain berupa tepung ikan, minyak ikan tuna, ekstrak tuna dan hidrosat ikan tuna.

Dari segi penjualan, TTC dengan produk fillet tuna beku dijual dengan kisaran Rp148.000 per kilogram. 

Disusul tuna sirip kuning dan tuna sirip biru grade sashimi utuh segar dengan kisaran Rp111.000 hingga Rp122.000 per kilogram, sementara ikan asap/kayu dipatok dengan kisaran Rp108.000 per kilogram dan tuna kaleng dengan harga jual Rp60.000 per kilogram.

Dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 hari ini, Presiden Jokowi menyebut hilirisasi SDA pada akhirnya akan berbuah manis bagi perekonomian bangsa.

“Ini memang pahit bagi pengekspor bahan mentah. Ini juga pahit bagi pendapatan negara jangka pendek. Tapi jika ekosistem besarnya sudah terbentuk, jika pabrik pengolahannya sudah beroperasi saya pastikan ini akan berbuah manis pada akhirnya,” ujarnya.

Baca juga: KKP memperkuat hilirisasi produk perikanan di Kebumen

Baca juga: DKP Lampung dorong pertumbuhan 155 produk perikanan

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023