... tega dan mampu mengatakan tidak apabila kebijakan itu memang tidak harus dilakukan... "
Jakarta (ANTARA News) - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyatakan, sosok pengganti Agus Martowardjojo sebagai menteri keuangan harus seorang yang kaku, tega, dan sekaligus mampu mengambil keputusan tepat meskipun tidak populis.

"Yang diperlukan orang yang kaku, atau bisa dibilang tega dan mampu mengatakan tidak apabila kebijakan tersebut memang tidak harus dilakukan," kata Ketua Apindo, Anton Supit, di Jakarta, Kamis.

Supit mengatakan, selain mampu bersikap tegas dalam mengambil keputusan, menteri keuangan baru diharapkan mengetahui secara pasti seluk beluk kinerja dari Kementerian Keuangan.

"Dengan sisa waktu masa jabatan menkeu satu tahun lagi, maka harus ditempatkan orang yang paham betul masalah di di dalam kementerian," kata dia.

Beberapa waktu lalu, DPR mengesahkan Martowardojo yang masih menjabat menteri keuangan sebagai gubernur Bank Indonesia  untuk periode 2013-2018, menggantikan Darmin Nasution, yang habis masa jabatannya pada Mei 2013.

Beberapa nama yang muncul untuk menggantikan Martowardojo, antara lain Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, Ketua Badan Koordinasi dan Penanaman Modal, Chatib Basri, dan Nasution. (*)

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013