... kopi terbaik adalah kopi dari Indonesia... "
Jakarta (ANTARA News) - Dewi Lestari, penulis Filosofi Kopi lebih menikmati kopi hitam dibanding kopi yang sudah dicampur dengan beragam bahan lain.

"Saya lebih suka kopi hitam, karena sudah 'gak enak sama campuran krimer, macem-macem. Lebih suka yang murni," kata Dee di Jakarta, Kamis. 

Bagi Dee, kopi murni terenak adalah kopi yang diolah langsung dari biji kopi baru. "Kesegaran kopi murni nggak ada lawannya, rasanya organik," puji Dee.

Penulis Rectoverso dan Super Nova itu membatasi diri untuk minum kopi maksimal dua cangkir dalam sehari. Menurut dia, kopi terbaik adalah kopi dari Indonesia. 

Dee menambahkan, kopi Indonesia pun terkenal di kalangan teman-temannya yang berada di luar negeri. "Teman-teman saya di luar negeri banyak yang suka kopi toraja dan kopi aceh."

Di Indonesia, kopi adalah salah satu komoditas ekspor yang dihasilkan dari berbagai daerah. Jenis kopi robusta banyak ditanam di Indonesia, termasuk di Lampung, Bengkulu, dan Sumatera Selatan. Ada juga kopi arabika istimewa yang punya cita rasa dan aroma khas. 

Beberapa daerah penghasil kopi spesial arabica di Indonesia adalah Sumatera Utara (kopi Mandailing dan lintong), Aceh (kopi gayo), Jawa (kopi luwak), Bali (kopi kintamani), Sulawesi Selatan (kopi toraja-kalosi), Nusa Tenggara Timur (kopi flores-bajawa), dan Papua (kopi baliem). 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013