Sudah mulai mengerucut pembahasannya. Tinggal dimatangkan lagi nanti Sabtu dan Minggu. Dua hari kami akan lembur di Cipanas,"
Jakarta, 11/4 (Antara) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan para menteri terkait akan membahas kebijakan pengurangan subsidi bahan bakar minyak di Istana Cipanas, Jawa Barat, akhir pekan.

"Sudah mulai mengerucut pembahasannya. Tinggal dimatangkan lagi nanti Sabtu dan Minggu. Dua hari kami akan lembur di Cipanas," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik di Kompleks Istana, Jakarta, Kamis.

Jero berada di Istana untuk membahas mengenai opsi pengurangan subsidi BBM yang telah berlangsung sejak bulan lalu.

"Tinggal kami diminta untuk mematangkan implementasinya dan persiapan sosialisasinya. Besok malam rapat lagi di Cipanas, Sabtu, sehingga bisa final pembahasan dan tinggal diumumkan," katanya.

Mengenai opsi yang akan diambil pemerintah, Jero mengakui jika opsi yang ada adalah opsi yang tidak ideal.

"Jadi, semua ada plus minusnya. Yang dtekankan oleh Presiden harus tetap menjaga kelompok yang miskin itu karena semua mengandung unsur inflasi," katanya.

Jero menjelaskan jika setiap opsi yang diambil akan memicu inflasi yang berpeluang memukul kelompok miskin dan hampir miskin.

Sekalipun belum memutuskan opsi tertentu namun, Jero menyebutkan kecenderungan pemerintah pada opsi pengendalian.

"Arahnya seperti yang sudah dibahas oleh media. Jadi, orang yang kaya dan mampu tidak berhak diberikan subsidi atau subsidi kecil. Nah, kelompok yang tidak mampu masih diberikan subsidi," ujarnya.

Terkait cara pengaturan, Jero mengatakan bahwa belum ada keputusan terkait itu.

"Implenetasinya nanti, tetapi arahnya ke sana. Niatnya pemerintah adalah mengurangi subsidi yang besarnya Rp300 triliun agar didapat oleh orang miskin," katanya.

Pewarta: GNC Aryani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013