Lampung ini memiliki potensi panas bumi untuk sumber Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 1.243 megawatt yang tersebar di 13 titik
Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta semua pihak untuk ikut serta dalam upaya memaksimalkan pemanfaatan energi panas bumi di daerah itu.

"Provinsi Lampung terus berkontribusi untuk meraih Indonesia Emas 2045. Lampung menjadi provinsi yang dianugerahi dengan sumber kekayaan alam yang berlimpah. Ini jadi salah satu karunia yang harus disyukuri," ujar Arinal Djunaidi di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan dengan banyaknya potensi yang dimiliki maka diharapkan potensi yang ada kesejahteraan dapat terus dimaksimalkan untuk menunjang kesejahteraan masyarakat.

"Lampung ini memiliki potensi panas bumi untuk sumber Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 1.243 megawatt yang tersebar di 13 titik. Ini bisa dimaksimalkan kembali," katanya.

Dia melanjutkan sumber panas bumi itu saat ini belum maksimal dimanfaatkan, dimana baru termanfaatkan sebesar 220 megawatt yaitu di Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulubelu, Kabupaten Tanggamus.

Baca juga: PGE-Chevron kembangkan wilayah kerja panas bumi Way Ratai Lampung

Baca juga: Itera siap debut pada kompetisi mobil hemat energi di Mandalika


"Kita perlu melakukan hilirisasi untuk berbagai potensi yang dimiliki Provinsi Lampung agar memiliki nilai tambah, jadi tidak hanya melakukan ekspor bahan mentah. Hilirisasi ini harus dilakukan untuk melakukan lompatan pertumbuhan perekonomian daerah," ucapnya.

Menurut dia, selain potensi panas bumi, Lampung juga memiliki berbagai komoditas pertanian unggulan yang dapat dikembangkan melalui hilirisasi.

"Lampung memiliki komoditas unggulan pada sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan. Serta ada juga kawasan sentra produksi udang, ada komoditas padi, ubi kayu, nanas, jagung, kopi robusta dan sebagainya yang harus dihilirisasi," tambahnya.

Selanjutnya dengan adanya hilirisasi komoditas dan potensi sumber daya alam di daerahnya, maka dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

"Strateginya agar sumber daya manusia bisa dimaksimalkan adalah dengan mengembangkan sektor ekonomi baru yang dapat membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya agar bisa memberikan nilai tambah bagi perekonomian daerah," ujar dia lagi.

Baca juga: Penjualan energi listrik PLN UID Lampung tumbuh 7,10 persen

Baca juga: Itera ajak anggota konsorsium internasional riset energi terbarukan

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023