Petani boleh beraktivitas di sana, tapi ada syarat ketat yang harus dipatuhi karena hingga saat ini status Kawah Timbang masih `siaga`,"
Purwokerto (ANTARA News) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi Bandung mengizinkan petani beraktivitas di ladang dalam radius 1.000 meter dari Kawah Timbang, Desa Sumberejo, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

"Petani boleh beraktivitas di sana, tapi ada syarat ketat yang harus dipatuhi karena hingga saat ini status Kawah Timbang masih `siaga`," kata Kepala PVMBG Surono saat dihubungi Antara dari Purwokerto, Kamis malam.

Beberapa persyaratan tersebut, kata dia, di antaranya jika dalam enam jam terakhir tidak terekam gempa vulkanik dan tektonik lokal yang berpotensi memicu keluarnya gas beracun di sekitar Kawah Timbang.

Selain itu, lanjutnya, matahari bersinar cukup terik dan petani yang beraktivitas di ladang harus didampingi Tim Tanggap Darurat PVMBG yang dilengkapi dengan detektor gas serta dalam radius dari Kawah Timbang.

Jika tiba-tiba terekam gempa vulkanik dan tektonik lokal dengan jumlah dan energi yang berpotensi memicu keluarnya gas beracun, dia meminta masyarakat segera keluar dari daerah bahaya (radius 1.000 meter dari Kawah Timbang, red.) berdasarkan arahan dari Tim Tanggap Darurat PVMBG.

Dia mengakui, banyak buruh tani yang tergantung pada pendapatan harian dari berladang sering kali menerobos zona bahaya gas beracun dalam radius 1.000 meter dari Kawah Timbang meskipun terlarang untuk dimasuki.

Dengan rekomendasi ini, dia mengharapkan petani dapat beraktivitas dalam radius 1.000 meter dapat terhindar dari ancaman bahaya gas beracun dan mitigasi bencana Kawah Timbang tetap berjalan dengan baik.

"Tapi ingat, persyaratan tersebut harus dipatuhi karena Kawah Timbang saat ini masih `Siaga`," kata dia menegaskan.

Lebih lanjut mengenai kondisi terkini Kawah Timbang, Surono mengatakan, berdasarkan pengamatan pada pukul 12.00--18.00 WIB, terekam adanya tiga kali gempa vulkanik dalam dan dua kali gempa vulkanik dangkal.

Dalam pengamatan visual, kata dia, cuaca di sekitar Kawah Timbang terpantau cerah-mendung, angin bertiup lemah dari barat, dan asap putih tebal dihembuskan Kawah Timbang dengan tekanan lemah hingga ketinggian 50--100 meter.

Pada jarak 1.000--1.500 meter dari Kawah Timbang ke arah selatan atau Kali Sat dan Dusun Simbar, lanjutnya, tidak tercium bau belerang.

PVMBG pada Senin (11/3), pukul 21.30 WIB, meningkatkan status Kawah Timbang di Desa Sumberejo, Kecamatan Batur, Banjarnegara, dari "Normal" menjadi "Waspada" dan merekomendasikan agar tidak ada aktivitas warga dalam radius 500 meter dari kawah.

PVMBG pada Rabu (27/3), pukul 23.30 WIB, meningkatkan status Kawah Timbang dari "Waspada" menjadi "Siaga" dan merekomendasikan agar tidak ada aktivitas warga dalam radius 1.000 meter dari kawah.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013